Kebumen Raih SPHP Awards Terbaik 1 Nasional Karena Mampu Tekan Inflasi

Elde Joyosemito
Pemkab Kebumen meraih penghargaan Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Awards terbaik 1 nasional dari Bapanas. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Distapang Kebumen Teguh Yuliono menambahkan bahwa Pemkab Kebumen banyak mengadakan GPM bukan karena ada sokongan dana dari pusat, melainkan karena swadaya atau gotong royong antara BUMD PT. Aneka Usaha Kebumen Jaya dengan sektor pangan dan pertanian.

"GPM ini tidak dianggarkan, dan tidak ada anggarannya. Jadi ini murni kolaborasi BUMD Aneka Usaha dengan BUMN, Bulog, dan para poktan serta gapoktan dalam menyediakan pangan yang murah, dengan dibantu oleh pemerintah desa," tuturnya.

"Kenapa bisa murah? Karena kita mengambil dari petani langsung, demikian juga beras kita ambil dari Bulog sehingga harga lebih kompetitif, dan BUMD kita tidak mengambil keuntungan yang besar. Banyak kabupaten tidak melaksanakan GPM karena memang tidak ada anggarannya," tambah Teguh.

Teguh menyatakan bahwa GPM akan terus berlanjut di 2024. Namun, kali ini Pemkab Kebumen melalui Dinas Perindag KUKM akan memberikan subsidi untuk pembelian harga bahan pokok sehingga diharapkan harganya bisa jauh lebih murah dari sebelumnya.

Selain mendapat penghargaan, Pemkab Kebumen juga menerima bantuan sarana dan prasarana dari Bapanas, yakni satu unit reefer container atau mesin pendingin daging yang akan diberikan untuk BUMD PT. Aneka Usaha Kebumen Jaya.

Sebelumnya, Pemkab Kebumen juga mendapatkan penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Awards se-Jawa-Bali dari Kementerian Koordinator Perekonomian yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Juni 2024 lalu.

 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network