Koar-koar jadi Negara Paling Hebat, Israel Malah Siapkan Bunker Lindungi Pejabat dari Serangan Iran

Anton Suhartono
Israel bangun bunker untuk melindungi pejbatanya dari serangan Iran. Tangkapan layar

TEL AVIV, iNewsPurwokerto.id - Koar-koar Israel selama ini, yang menganggap mereka adalah negara paling hebat dan tak takut menghadapi semua musuh, hanya gertak sambal saja. Israel hanya bisa membunuh rakyat sipil Gaza yang tak bersenjata.

Buktinya, Badan intelijen dalam negeri Israel, Shin Bet, telah menyiapkan bunker untuk melindungi para pejabat dari serangan Iran. Bunker tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai tempat kerja selama masa perang.

Menurut laporan jurnalis Israel, Ben Caspit, bunker ini terletak di Yerusalem.

"Bunker komando dan kendali ini dirancang untuk memungkinkan elite politik dan keamanan negara menjalankan operasi perang," ungkap Caspit, seperti yang dilaporkan oleh RT pada Senin (5/8/2024).

Caspit menambahkan bahwa fasilitas bawah tanah ini terhubung dengan terowongan di bawah pangkalan militer Kirya di Tel Aviv, serta bunker-bunker lainnya di seluruh Israel.

"Bunker ini memungkinkan untuk tinggal dalam waktu yang lama dan tahan terhadap berbagai jenis senjata," kata Caspit.

Israel dilaporkan menghadapi serangan Iran yang kemungkinan terjadi dalam beberapa hari. Pejabat Amerika Serikat (AS) bahkan meyakini bahwa serangan akan berlangsung pada hari Senin ini.

Dalam pernyataan kepada Axios, seorang pejabat AS mengatakan bahwa serangan bisa dimulai pada hari Senin. Selain Iran, kelompok Hizbullah di Lebanon juga diperkirakan akan ikut dalam aksi balas dendam tersebut. Seperti diketahui, sehari sebelum serangan terhadap Haniyeh, Israel membunuh Fuad Shukr, seorang komandan senior yang juga merupakan orang kepercayaan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, di Beirut.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, bertemu dengan para pejabat senior militer dan pertahanan pada hari Minggu untuk membahas langkah-langkah pembalasan terhadap serangan Iran dan kelompok-kelompok proksinya.

Belum jelas senjata apa yang akan digunakan Iran dalam menyerang Israel. Namun, sumber Axios menyebutkan bahwa Iran kemungkinan akan menggunakan taktik yang sama seperti saat menyerang Israel pada pertengahan April lalu.

Pada saat itu, Iran melancarkan serangan dengan lebih dari 200 rudal dan drone sebagai balasan atas serangan terhadap kantor misi diplomatiknya di Damaskus, Suriah. Namun, serangan tersebut tidak bertujuan untuk menghancurkan, melainkan sebagai kejutan bagi negara Yahudi tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam serangan itu, dan sebagian senjata berhasil ditembak jatuh oleh negara-negara Arab tetangga Israel, seperti Yordania.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network