Hamas Tunjuk Yahya Sinwar jadi Kepala Biro Politik, Pernah Dipenjara Israel 23 Tahun, Ini Sosoknya!

Anton Suhartono
Hamas resmi menunjuk Yahya Sinwar menggantikan Ismail Haniyeh sebagai Kepala Biro Politik Hamas. Foto: tangkapan layar

Setahun kemudian, dia ditangkap oleh pasukan Israel dan dijatuhi empat hukuman penjara seumur hidup atau setara dengan 426 tahun. Sinwar dituduh terlibat dalam penangkapan dan pembunuhan dua tentara Israel dan empat tersangka mata-mata Palestina.

Namun, dia hanya menghabiskan 23 tahun di penjara Israel. Sinwar dibebaskan pada tahun 2011 sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan. Hamas membebaskan tentara Israel Gilad Shalit yang ditangkap sebelumnya.

Waktu di penjara Israel dimanfaatkan oleh Sinwar untuk belajar bahasa Ibrani dan politik, sehingga dia memahami betul seluk beluk Israel dan politik dalam negerinya.

Setelah bebas, Sinwar langsung naik pangkat. Dia terpilih menjadi salah satu pejabat biro politik Hamas di Gaza pada tahun 2012 dan ditugaskan untuk berkoordinasi dengan Brigade Al Qassam.

Dia memainkan peran politik dan militer sekaligus selama perang tujuh pekan Hamas-Israel pada tahun 2014. Setahun kemudian, Amerika Serikat memasukkan Sinwar dalam daftar teroris global.

Kemudian pada tahun 2017, Sinwar menjadi pemimpin Hamas di Gaza, menggantikan Haniyeh, yang terpilih sebagai ketua biro politik kelompok tersebut.

Salah satu pernyataan paling terkenal dari Sinwar dalam wawancara dengan Vice News pada tahun 2011, adalah bahwa meskipun Palestina tidak menginginkan perang karena biayanya yang mahal, rakyatnya tidak akan pernah mengibarkan bendera putih.

"Untuk waktu lama, kami berusaha melakukan perlawanan yang damai dan populer. Kami berharap bahwa dunia, orang-orang merdeka, dan organisasi internasional, akan mendukung rakyat kami dan menghentikan penjajah (Israel) melakukan kejahatan dan membantai rakyat kami. Sayangnya, dunia hanya berdiri dan menonton," ujarnya saat itu.

Tidak seperti Haniyeh, yang berjuang dari luar Gaza dan bertemu dengan para pejabat dari negara Muslim, Sinwar tampaknya akan menjalankan kepemimpinan politik Hamas dari terowongan-terowongan di Gaza. Dia tidak muncul ke publik sejak 7 Oktober.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network