Pasukan Tunas Muda Latihan Intensif Jelang Apel Besar Hari Pramuka

Elde Joyosemito
Pasukan Tunas Muda (PTM) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas telah memulai latihan intensif setiap hari di Alun-alun Purwokerto. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Pasukan Tunas Muda (PTM) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas telah memulai latihan intensif setiap hari di Alun-alun Purwokerto. PTM ini akan bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih dalam Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Kwarcab Banyumas pada tanggal 24 Agustus mendatang.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas, Rachman Maulana, menjelaskan bahwa PTM adalah salah satu unit DKC Banyumas yang anggotanya dipilih melalui seleksi ketat yang diikuti oleh ratusan pramuka penegak.

Pada tahun 2024, Pasukan Tunas Muda terdiri dari 37 anggota, termasuk 34 Pramuka Penegak, 1 Pramuka Siaga, 1 Pramuka Penggalang, dan 1 Pramuka Pandega. Mereka berlatih setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

"PTM ini mulai berlatih di Alun-alun sejak tanggal 12 Agustus lalu. Mereka akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera pada Apel Hari Pramuka Tingkat Kwarcab Banyumas pada tanggal 24 Agustus 2024 di Alun-alun Purwokerto," jelas Rachman.

Latihan ini dipimpin oleh pelatih dari Kodim 0701 Banyumas, yaitu Serka Teguh Muslim Riyanto dan Serka Among Priyono, dengan dukungan pelatih pendamping dari Dewan Kerja Cabang Banyumas.

“Mereka ditempa secara fisik, mental, dan keterampilan baris-berbaris oleh tim pelatih di bawah terik matahari, agar terbentuk disiplin yang kuat, fisik yang prima, serta jiwa nasionalisme yang tinggi,” tambahnya.

Sebelum menjalankan tugas sebagai Pasukan Tunas Muda, mereka dijadwalkan akan dikukuhkan oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang pada tanggal 23 Agustus mendatang. Tradisi pengukuhan ini menjadi motivasi tambahan bagi Pasukan Tunas Muda Kwarcab Banyumas dalam menjalankan tugas mereka.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network