1 September 2024 Perjalanan Kereta Api Baturraden Ekspres Dihentikan, KA Mutiara Timur Dihidupkan

Arbi Anugrah
1 September Perjalanan Kereta Api Baturraden Ekspres Dihentikan, KA Mutiara Timur Dihidupkan! Foto: Dok Humas Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Terhitung pada tanggal 1 September 2024, Kereta Api (KA) Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung dihentikan perjalanan operasionalnya. PT KAI juga kembali menghidupkan Kereta Api Mutiara Timur relasi Ketapang–Surabaya Pasar Turi (pp) yang sudah hampir dua tahun tidak beroperasi.

Berdasarkan informasi yang beredar, dikutip dari akun Instagram @cintakeretaapiindonesia, rangkaian KA Baturraden Ekspres rencananya akan digunakan sebagai rangkaian Kereta Api Mutiara Timur. 

"Kereta Api Baturraden Ekspres relasi Bandung-Purwokerto PP direncanakan perjalanan terakhirnya pada tanggal 31 Agustus. Rangkaian Baturraden Ekspres nantinya akan dipakai Mutiara Timur relasi Surabaya Pasar Turi-Ketapang pada tanggal 1 September 2024," tulis akun @cintakeretaapiindonesia, dikutip Senin (26/8/2024).

Di sisi lain, VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, KAI melakukan perubahan beberapa perjalanan Kereta Api yang terhitung mulai 1 September 2024.

Salah satunya adalah masyarakat dapat kembali merasakan perjalanan menggunakan Kereta Api dari Kota Banyuwangi menuju Surabaya ataupun sebaliknya. Sebab, KAI kembali menghidupkan perjalanan Kereta Api Mutiara Timur relasi Ketapang–Surabaya Pasar Turi (pp) yang hampir dua tahun tidak beroperasi.

"KA Mutiara Timur berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 21.45 WIB dan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 08.55 WIB," kata Anne.

Ia juga menegaskan jika pihak KAI untuk sementara menghentikan KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto -Bandung. Meski demikian, ia menyarankan kepada masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Api dari dan menuju Kota Bandung atau Purwokerto dapat menggunakan alternatif Kereta Api lain seperti KA Serayu relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto (pp).

"KAI juga untuk sementara memberhentikan KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung PP," jelasnya.

Menurutnya, untuk perjalanan Kereta Api Serayu relasi Pasar Senen–Kiaracondong-Purwokerto diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 09:25 WIB dan 20:05 WIB. Kemudian untuk KA Serayu relasi Purwokerto–Kiaracondong– Pasar Senen, berangkat dari Stasiun Purwokerto pada pukul 06:30 WIB dan 16:45 WIB.

"Diharapkan dengan adanya perubahan perjalanan ini dapat memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat dengan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan selamat.“ tutup Anne.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network