POG 2024, Cara Puhua untuk Merawat Keberagaman

Elde Joyosemito
Kegiatan olahraga yang melibatkan seluruh siswa Puhua tahun ini mengangkat tema Puhua All Stars Games On. (Foto: Istimewa)

Lomba utama adalah Family Run sepanjang 2,5 kilometer yang diikuti siswa dan keluarganya secara tim. Seluruh jenjang siswa ikut serta mendaftarkan diri lengkap dengan keluarga mereka. Lalu ditingkat Secondary (SMP-SMA) ada cabang olahraga rounders, basket dan tolak peluru. Di jenjang Primary (SD) sebanyak 8 cabang olahraga berbasis atletik dipertandingkan. Ada lari jarak pendek, lompat jangkit, lari formula, lempar bola, lari estafet, lari bolak balik, lempar sasaran, hingga lempar turbo. 

Di jenjang R1 dan R2 (TK) tiga olahraga yang dilombakan adalah estafet sumpit, bola-goyang-tangkap, dan lari halang rintang. Di jenjang Playgroup (Kelompok Bermain) dirancang sebuah kompetisi sesuai usia yang melombakan anak-anak usia pra-sekolah untuk memindahkan bola sesuai warna, permainan ambil-tangkap, dan lari halang-rintang. Di jenjang usia bayi antara 2-3 tahun, lomba berjalan di dalam hulahup dan memindahkan bola sesuai warna menjadi dua kegiatan bagi anak-anak dibawah umur ini.

Filosofi POG sebagai sebuah pesta olahraga ini diwakili delapan warna yang melambangkan semangat keberagaman Indonesia dimana kebhinekaan menjadi alasan Sekolah Puhua berdiri.

“Kedelapan warna tersebut adalah merah, biru, kuning, hijau, oranye, abu-abu, putih, dan hitam yang melambangkan bahwa Bhineka Tunggal Ika tak sekedar menjadi slogan di sekolah Puhua melainkan sebuah prinsip yang melekat sebagai perwujudan sila ke-3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Kegiatan POG menunjukkan sebuah keberagaman sebagai kekuatan bangsa dimana di sekolah kami dihidupkan dalam bentuk toleransi dan saling menghormati segala perbedaan sekaligus dipelihara di dalam satu atap bernama Puhua,” tegas Arinta lagi.

Delapan warna ini diwakili dalam bentuk kaos yang wajib dipakai oleh siswa yang ada di dalam satu unit. Saat pembukaan POG siswa berbaris sesuai warna dan dari satu kelompok warna menciptakan keragaman kelompok mulai dari jenjang anak usia kecil 2 tahun hingga usia remaja 17 tahun.

Dengan semangat You Jiao Wu Lei sebagai filosofi sekolah yang bermakna “Pendidikan Tanpa Perbedaan”, POG didisain untuk menjawab kebutuhan pembentukan mental anak melalui semangat yang melekat dalam nilai-nilai sportivitas dalam menjalani kehidupan yang penuh toleransi dan saling menghormati sesama. Antara lain rajin, tulus, bersahaja, dan gigih seperti yang diwakili dalam 4 maskot Sekolah Puhua, Qin-Qin, Cheng-Cheng, Pu Pu, dan Yi Yi.

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network