Kilang Pertamina Cilacap Kick Off Program Pertiwi RU IV, Komitmen untuk Perempuan dan Inklusivitas

Elde Joyosemito
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap memulai program Pertiwi dengan acara kick-off yang dilaksanakan di Gedung Patra Graha. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap memulai program Pertiwi dengan acara kick-off yang dilaksanakan di Gedung Patra Graha pada Selasa (24/9/2024). 

Program Pertiwi merupakan komunitas yang mewakili keberagaman dan inklusivitas, dengan fokus pada perempuan Pertamina yang Tangguh, Inspiratif, Wibawa, dan Berintegritas.

Acara dimulai dengan penampilan grup karawitan gending Wijayakusuma dari Persatuan Wanita Patra (PWP) RU IV. Musik tradisional ini mengiringi masuknya General Manager (GM) RU IV, Wahyu Sulistyo Wibowo, bersama manajemen dan tamu undangan.

Ketua Pertiwi RU IV Cilacap, Diana Suciati, menjelaskan bahwa program ini bertujuan mendukung visi perusahaan dan pengelolaan Environmental, Social, & Governance (ESG) yang baik untuk keberlanjutan perusahaan. "Selain itu, program ini juga menjadi aspirasi untuk meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di lingkungan kerja," jelasnya.

Program Pertiwi RU IV berfokus pada empat aspek utama: Pengembangan (Development), Kesejahteraan (Wellbeing), Keberlanjutan (Sustainability), serta Kemitraan dan Komunikasi (Partnership & Communication). 

“Di aspek pengembangan, program ini mencakup seminar pengembangan diri untuk pekerja perempuan dan survei terkait aspirasi serta kebutuhan perempuan di RU IV,” tambah Diana yang juga menjabat sebagai Manager Human Capital (HC) RU IV.

Pada aspek Wellbeing, program-program seperti Pertiwi Sejuk (Sedekah Jumat, Yuk), kolaborasi dengan Relawan Pertamina Peduli (Relpi) dan Pertamina Energi Negeri (PEN), Talkshow & Podcast Mental Health Series, serta Seminar Parenting menjadi fokus utama.

“Untuk keberlanjutan, kami mengimplementasikan ESG Scoring, serta melakukan monitoring dan evaluasi program Pertiwi. Sementara pada aspek kemitraan & komunikasi, kegiatan seperti Wonderful Expertise Sharing by Women (Wonder Women), komunikasi sosial, dan penyediaan fasilitas pelaporan bagi pekerja perempuan akan dilakukan,” imbuhnya.

Editor : Elde Joyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network