SAKIP Award 2024, Pemkab Banyumas Dapat Nilai A Terbaik di Jateng

Arbi Anugrah
SAKIP Award 2024, Pemkab Banyumas Dapat Nilai A Terbaik di Jateng. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan penghargaan kepada Pemkab Banyumas dalam acara Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2024 di Jakarta, Rabu (02/10) kemarin. Dalam acara tersebut, Pemkab Banyumas memperoleh predikat "A" atau memuaskan dengan nilai 81,79.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas berhasil memperoleh nilai A dengan nilai 81,79, yang menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2024, Kabupaten Banyumas kembali meraih predikat A dengan nilai 81,79. Pencapaian ini menunjukkan kemajuan dibandingkan dengan nilai SAKIP tahun 2023 yang tercatat sebesar 80,53.

"Nilai Banyumas untuk SAKIP 2024 kembali tertinggi dan satu satunya di Jawa Tengah yang mendapat A," kata Agus dalam keterangannya, Kamis (3/10/2024).

Agus menyatakan bahwa penerapan SAKIP merupakan suatu tantangan, karena terdapat banyak aspek yang harus dipenuhi untuk meningkatkan kinerja pemerintahan. Efektivitas dari kegiatan tersebut juga dinilai berdasarkan orientasi terhadap keberhasilan kinerja, bukan hanya sekadar berkaitan dengan anggaran.

“SAKIP ini bukan seperti lomba atau kompetisi, tapi sejauh mana daerah memanfaatkan anggarannya secara efektif, dari perencanaan penganggaran dan pelaporan dan punya target dan hasil kerja keras, serta kegiatan berdasarkan pada prioritas dan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Agus menyatakan kebanggaannya terhadap pencapaian ini, yang merupakan hasil kolaborasi dari semua elemen dengan terus berusaha untuk membudayakan kerja keras dan akuntabilitas yang maksimal.

Pada acara penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2024 ini, hadir secara langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, bersama Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini, serta Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Erwan Agus Purwanto.

Dalam pernyataannya, Menteri Anas menyampaikan bahwa pencapaian SAKIP selama sepuluh tahun terakhir (2014-2023) menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Tren positif ini tercermin dari perbaikan dalam pengelolaan pemerintahan serta peningkatan akuntabilitas kinerja.

"Hal ini menggambarkan komitmen kuat pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang lebih transparan dan berorientasi hasil," katanya.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network