Angkat Isu Lingkungan, Siswa SMP Al Irsyad Purwokerto Masuk Final OPSI 2024

Arbi Anugrah
Angkat Isu Lingkungan, Siswa SMP Al Irsyad Purwokerto Masuk Final OPSI 2024. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mengusung isu lingkungan, riset siswa SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto masuk Final Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek. Kedua siswa tersebut ialah Arafah Rosalia Munif dan Rachmi Nailah Husna yang saat ini duduk di kelas 8A.

Riset berjudul "Optimalisasi Manajemen Sampah Organik di SMP Al-Irsyad Purwokerto Berbasis Larva Black Soldier Fly sebagai Langkah Menuju Lingkungan Net Zero Waste" ini masuk dalam kategori Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan.

Arafah Rosalia Munif dan Rachmi Nailah Husna mengatakan keberhasilan risetnya diumumkan melalui Surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kemendikbudristek pada (7/10) lalu.

Secara bergantian mereka menjelaskan riset yang ditulis, mengangkat isu pengelolaan sampah organik dengan metode berbasis pemanfaatan larva Black Soldier Fly.

"Metode ini dinilai mampu mengurangi sampah organik secara signifikan dan mendukung terciptanya lingkungan berkelanjutan yang minim limbah (net zero waste). Dengan demikian, riset ini tidak hanya berfokus pada pengelolaan sampah, tetapi juga memberikan solusi nyata untuk mengatasi permasalahan lingkungan di sekitar sekolah," kata Arafah Rosalia Munif dan Rachmi Nailah Husna dalam keterangannya, Jumat (11/10/2024).

Arafah Rosalia Munif, menambahkan bahwa ide riset ini muncul dari kepedulian terhadap banyaknya sampah organik yang menumpuk dan belum dikelola dengan baik. 

“Kami ingin menemukan cara agar sampah organik ini bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, sekaligus membantu menciptakan lingkungan sekolah yang lebih bersih. Metode pemanfaatan larva Black Soldier Fly ini bisa membantu mengurangi sampah organik secara alami dan cepat. Larva yang dihasilkan pun sangat bermanfaat untuk pakan ternak, dan sisa sampah organik bisa digunakan untuk pupuk tanaman,” jelasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network