Bawaslu Banyumas Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada  dengan Gelar Budaya

Elde Joyosemito
Bawaslu Banyumas menggelar acara sosialisasi yang dikemas dalam bentuk gelar budaya di Lapangan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas menggelar acara sosialisasi yang dikemas dalam bentuk gelar budaya di Lapangan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat.

Dalam acara ini, Bawaslu mengajak masyarakat untuk "Sesarengan Ngawasi Pemilihan 2024" atau bersama-sama mengawasi Pemilu 2024.

Anggota Bawaslu Banyumas, Rani Zuhriyah, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mensosialisasikan peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu, tetapi juga sebagai wujud apresiasi terhadap kebudayaan lokal. Diharapkan dengan acara ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan partisipatif dalam Pemilu 2024 semakin meningkat.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat Banyumas semakin sadar akan pentingnya keterlibatan mereka dalam menciptakan Pilkada yang bersih dan jujur," ujar Rani.

Acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni, salah satunya adalah penampilan grup ebeg Singo Limo. Antusiasme masyarakat terlihat tinggi saat menikmati kesenian tradisional tersebut.

Rani juga berharap pesan yang disampaikan melalui kegiatan ini dapat terserap dengan baik oleh masyarakat, seperti pentingnya mengawasi pihak-pihak yang seharusnya bersikap netral, memastikan nama mereka tercantum dalam daftar pemilih, serta yang paling utama, menolak politik uang.

"Jika ada ASN, TNI, POLRI, atau Kepala Desa yang tidak netral, laporkan saja kepada kami. Misalnya, jika mereka ikut aktif berkampanye," tegas Rani.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bawaslu Banyumas untuk memperkuat pengawasan di tingkat akar rumput, guna memastikan Pemilu 2024 di Banyumas berlangsung dengan aman, damai, dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network