Mulai Hari Ini Sampai 27 Oktober, Polres Purbalingga Operasi Zebra Candi 2024

Elde Joyosemito
Kapolres Purbalingga, AKBP Rosyid Hartanto, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024 di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (14/10/2024). (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Kapolres Purbalingga, AKBP Rosyid Hartanto, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024 di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (14/10/2024). Apel tersebut diikuti oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Dalam amanatnya, Kapolres membacakan pesan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, yang menyatakan bahwa apel ini merupakan bukti kesiapan dan keseriusan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024.

"Dalam mengatasi masalah lalu lintas, kita harus menyadari bahwa persoalan ini sangat kompleks. Namun, sinergi dengan berbagai pihak terkait sangat diperlukan untuk menangani masalah keselamatan berlalu lintas," ujar Kapolres saat membacakan amanat tersebut.

Kapolres juga menyampaikan bahwa selama Operasi Zebra Candi 2023, jumlah kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah mengalami penurunan dari 720 kejadian pada tahun 2022 menjadi 618 kejadian di tahun 2023. Jumlah korban meninggal dunia juga menurun dari 33 orang menjadi 17 orang.

Pelanggaran lalu lintas di tahun 2023 tercatat sebanyak 85.918 pelanggaran, dengan jumlah tilang sebanyak 28.730 lembar dan teguran sebanyak 57.188 lembar.

Operasi Zebra Candi 2024 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 14 hingga 27 Oktober 2024. Tema operasi ini adalah "Melalui Operasi Zebra Candi 2024 Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Tertib Lalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman."

Tujuan dari operasi ini adalah untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Operasi ini mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis, didukung dengan penegakan hukum secara elektronik, baik statis maupun mobile, serta teguran simpatik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Apel tersebut ditandai dengan penyematan pita tanda operasi oleh Kapolres Purbalingga kepada perwakilan personel dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Setelah apel, dilaksanakan sosialisasi terpadu terkait tertib lalu lintas di simpang empat Patung Jenderal Besar Soedirman.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network