Hari Santri Nasional, Pj Bupati Banyumas: Harus Mampu Jadi agen Perubahan

Arbi Anugrah
Hari Santri Nasional, Pj Bupati Banyumas: Harus Mampu Jadi agen Perubahan. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Pj Bupati Banyumas, Iwanuddin Iskandar, memimpin apel dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Selasa (22/10/2024). Acara yang berlangsung di Alun-Alun Purwokerto ini dihadiri sejumlah tamu undangan dan ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Banyumas.

Iwanuddin dalam sambutannya menekankan peran penting santri dalam menjaga nilai-nilai agama sekaligus menjadi garda terdepan dalam perjuangan kemerdekaan. Dengan tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan", ia mengingatkan jika semangat juang para ulama dan santri di masa lalu harus terus dilanjutkan oleh generasi penerus.

Iwanuddin menyoroti tantangan yang dihadapi saat ini, seperti pengurangan angka pengangguran, pengendalian inflasi, penanggulangan kemiskinan, penurunan angka stunting, serta peningkatan sektor pariwisata. Ia mengajak semua pihak untuk menjadi pribadi yang adaptif, inovatif, dan terus meningkatkan kualitas diri tanpa mengabaikan nilai-nilai agama.

Lebih lanjut, Iwanuddin menyatakan bahwa santri masa kini tidak hanya dituntut untuk mempelajari ilmu agama, tetapi juga harus responsif terhadap perubahan sosial, teknologi, dan budaya.

"Santri harus mampu menjadi agen perubahan di tengah dinamika masyarakat," ujarnya.

Ia juga ajakan untuk saling bahu membahu, bergotong royong, dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam mengatasi berbagai tantangan yang ada.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network