CILACAP, iNewsPurwokerto.id– Keselamatan kerja (safety) menjadi aspek utama dalam setiap aktivitas di Kilang Cilacap. Perilaku yang mengutamakan keselamatan terbukti berbanding lurus dengan tingkat produktivitas para pekerja.
Sebagai bagian dari rangkaian Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), berbagai kampanye kreatif mengenai perilaku safety digelar melalui Lomba Safety Campaign. Kegiatan ini diadakan setiap pagi di Gate 2 dan Gate Bravo Kilang Cilacap. Salah satu kampanye kreatif dilakukan oleh fungsi General Support pada Rabu (5/2/2025).
Tim General Support, yang mencakup Commrel & CSR, Legal Counsel, dan Asset Operation, mengusung berbagai poster bertemakan keselamatan. Beberapa di antaranya bertuliskan: “Safety First,” “Gunakan Selalu Helm Standar,” “Fokus Berkendara,” “Lelah? Rebah,” dan “Ngebut Benjut.” Kampanye ini semakin meriah dengan kehadiran dua boneka karakter dinosaurus yang menarik perhatian para pekerja.
Kegiatan Safety Campaign dimulai pukul 06.00 hingga 07.30 WIB, bertepatan dengan waktu kedatangan pekerja ke area kilang. Manager General Support RU IV, Dian Puspita Rini, menyatakan bahwa kampanye ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman.
"Kami ingin menanamkan budaya safety first tanpa beban. Prinsip keselamatan ini tidak hanya penting bagi diri sendiri, tetapi juga untuk rekan kerja serta keluarga yang menunggu kita pulang dengan selamat," ujarnya.
Selain kampanye, acara ini juga dimeriahkan dengan sesi kuis berhadiah bagi pekerja yang mampu menjawab pertanyaan seputar keselamatan kerja. Salah satu fokus utama dalam kampanye kali ini adalah keselamatan transportasi darat (land transportation).
Editor : EldeJoyosemito
Artikel Terkait