PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berinovasi dalam meningkatkan kenyamanan pelanggan, khususnya bagi penumpang perempuan. Melalui aplikasi Access by KAI, kini tersedia fitur terbaru yang memungkinkan penumpang perempuan memilih kursi bersebelahan dengan sesama perempuan, sehingga perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.
Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, mengungkapkan bahwa fitur ini merupakan langkah nyata KAI dalam merespons kebutuhan pelanggan perempuan.
"Dengan adanya fitur ini, penumpang perempuan dapat merasa lebih nyaman selama perjalanan. Kami berharap inovasi ini dapat meningkatkan rasa aman dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan," ujar Krisbiyantoro dalam keterangannya, Sabtu (22/3/2025).
Fitur baru ini hadir sebagai solusi bagi penumpang perempuan yang sebelumnya tidak memiliki opsi khusus dalam pemilihan kursi. Dengan lebih dari 7,6 juta pengguna yang telah mengunduh Access by KAI dan 7,3 juta pengguna aktif pada tahun 2024, KAI berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan yang inklusif dan berorientasi pada kebutuhan pelanggan.
"Sebelumnya, penumpang perempuan tidak memiliki kemudahan dalam memilih kursi yang bersebelahan dengan sesama perempuan. Kini, fitur ini memberikan solusi atas permasalahan tersebut," jelas Krisbiyantoro.
Selain melalui aplikasi, fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yang membeli tiket langsung di loket stasiun. Petugas akan membantu mengatur kursi agar penumpang perempuan bisa duduk bersebelahan dengan sesama perempuan.
Fitur pemilihan kursi khusus perempuan ini hanya bisa digunakan oleh member Access yang memesan tiket untuk penumpang perempuan. Jika dalam satu transaksi terdapat penumpang laki-laki, maka fitur ini tidak akan tersedia.
Meski demikian, KAI tetap memastikan bahwa perlindungan data pribadi pelanggan tetap terjaga sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
"KAI terus menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman. KAI juga akan memantau pelaksanaan fitur ini serta mengumpulkan masukan dari pelanggan guna penyempurnaan layanan di masa mendatang," tutupnya.
Editor : Arbi Anugrah
Artikel Terkait