OJK Purwokerto: Sektor Jasa Keuangan Banyumas Stabil, Ada 752 Pengaduan Konsumen

Elde Joyosemito
OJK Purwokerto menegaskan sektor jasa keuangan di wilayah eks Karesidenan Banyumas hingga akhir Juni 2025 tetap stabil. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto menegaskan sektor jasa keuangan di wilayah eks Karesidenan Banyumas hingga akhir Juni 2025 tetap stabil dan mencatat pertumbuhan positif, meski perekonomian global masih dibayangi ketidakpastian. 

Kepala OJK Purwokerto, Haramain Billady, menyebut tren ini terlihat dari peningkatan di berbagai indikator, terutama di sektor perbankan.

“Kinerja perbankan yang mencakup bank umum dan BPR/S masih tumbuh, dengan kenaikan aset sebesar 6,92% (year-on-year), DPK 4,69%, dan kredit 0,98%. Memang, pada BPR/S masih ada tantangan, seperti NPL yang cukup tinggi di angka 21,26% akibat dampak normalisasi kredit restrukturisasi pascapandemi, namun secara umum stabilitas tetap terjaga,” jelas Haramain. 

Ia menambahkan, penyaluran kredit BPR/S masih didominasi pembiayaan produktif, terutama modal kerja, dengan mayoritas mengalir ke sektor UMKM.

Di pasar modal, jumlah investor saham tumbuh 24,32% dan reksa dana 14,49%, disertai lonjakan nilai transaksi 154,90% menjadi Rp1,089 triliun, mayoritas dari investor berusia 18–30 tahun. 

Pada sektor industri keuangan nonbank, LKM mencatat pertumbuhan aset 1,49%, DPK 12,21%, dan kredit 23,15%, sementara premi asuransi jiwa dan umum turun 35,30% menjadi Rp153,6 miliar. 

Haramain mengungkapkan, sejak awal tahun hingga Juni 2025, pihaknya menerima 752 pengaduan konsumen jasa keuangan dan 7.060 permintaan informasi debitur melalui SLIK daring. 

“Kami juga telah melakukan 57 kegiatan literasi keuangan yang menjangkau 7.871 orang dari berbagai kalangan, sebagai wujud perlindungan konsumen dan peningkatan literasi keuangan,” tegasnya.

Menurut Haramain, OJK akan terus bersinergi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lain untuk menjaga stabilitas sektor keuangan, sekaligus mendorong pertumbuhan yang sehat. 

“Kami berkomitmen menjaga kepercayaan publik, memastikan layanan jasa keuangan aman, dan mendorong masyarakat semakin cerdas dalam mengelola keuangannya,” pungkasnya.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network