Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di LA, Warga Cilacap Ini Bacakan Doa dan Ikrar Persatuan

Franky S
Perwakilan seluruh agama diaspora dan perantau Indonesia di Los Angeles, sedang membacakan doa dan ikrar persatuan saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Los Angeles. (Foto: Istimewa)

LOS ANGELES, iNews.id - Bangkit dan Bersatu dalam Keberagaman, menjadi tema besar peringatan Hari kebangkitan Nasional 2021 yang dirayakan para diaspora dan perantau Indonesia di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Agenda spesial yang diadakan di Frank Bonelli Park, Los Angeles, Sabtu 22 Mei 2021 lalu itu, dirayakan untuk mengingatkan semua komponen bangsa akan pentingnya persatuan Indonesia yang tertuang dalam Pancasila.

Acara itu diisi berbagai kegiatan, oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Diaspora Network Southern California. Dalam acara itu, juga dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 200 meter.

"Perwakilan pemeluk berbagai agama yang diakui di Indonesia juga membacakan doa dan harapan, sekaligus mengingatkan seluruh diaspora dan perantau Indonesia untuk bersyukur atas selesainya vaksinasi Covid-19 di California," kata Mokhamad Taufik, perantau asal Sidareja Cilacap yang lebih dari 10 tahun menetap di Los Angeles.

Seluruh peserta yang hadir mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, membacakan ikrar persatuan, dan doa lintas agama.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Honest Qashidi, perantau yang juga berasal dari Sidareja Cilacap, berkesempatan membacakan doa dan harapan mewakili pemeluk agama Islam.

Honest berharap, momen Hari Kebangkitan Nasional harus dijadikan kesempatan untuk memperkuat persatuan anak bangsa, khususnya bagi masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya dalam berbagai suku, agama, ras dan antar golongan.

"Ya Tuhan kami, bangkitkanlah semangat dalam diri kami, hati nurani dan akal kami untuk bersama-sama mengusir penjajahan di muka bumi, baik di bumi pertiwi, ataupun di belahan bumi manapun, dalam bentuk penjajahan apapun termasuk ekonomi, hukum, korupsi, apalagi penjajahan nyata seperti yang terjadi di Palestina dan diseluruh dunia. Karena bangsa ini faham benar pedihnya penjajahan," ucap Honest.

Acara diakhiri dengan gendu-gendu rasa sambil menikmati hidangan yang disiapkan, serta bermain perahu di danau, hiking, pesta barbeque, serta menikmati berbagai penampilan hiburan.

Editor : Franky S

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network