Iblis Sangat Takut dengan Sahabat Nabi yang Bermata Buta, Begini Kisahnya

Eka Putri Wahyuni, Okezone
Iblis sangat takut dengan sahabat Nabi Muhammad SAW bernama  Abdullah bin Ummi Maktum Radhiyallahu anhu yang matanya buta. (Foto: Freepik)

IBLIS sangat takut dengan sahabat Nabi Muhammad SAW bernama  Abdullah bin Ummi Maktum Radhiyallahu anhu yang matanya buta. Mengapa demikian?  

Abdullah bin Ummi Maktum adalah sahabat Rasulullah SAW yang patut diteladani dengan sikapnya yang istiqmah menjalankan sholat di masjid walau kedua matanya buta. 

Dikutip dari akun Youtube Yufid TV beberapa waktu, Ustadz Johan Saputra Halim menjelaskan bahwa Abdullah bin Ummi Maktum di usia senjanya pernah meminta kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam agar diperbolehkan sholat lima waktu sendiri di rumah karena kekurangan fisiknya ini.

"Wahai Rasulallah, saya lelaki buta, rumah jauh dari masjid, dan tak memiliki penuntun jalan yang layak. Apakah saya memiliki rukhshah (keringanan) untuk menjalankan sholat di rumah?" ujarnya.

"Ya," jawab Baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Awalnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengizinkan Abdullah bin Ummi Maktum. Lalu ia beranjak keluar, segera dipanggil kembali oleh Rasulullah.

"Apakah engkau mendengar seruan sholat?" tanya Rasulullah.

"Ya Rasulullah, saya bisa mendengarnya," jawab Abdullah bin Ummi Maktum.

"Kalau begitu engkau tetap harus hadir di masjid, sholat berjamaah bersama kami."

Mendengarkan jawaban Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam maka Abdullah bin Ummi Maktum pun tetap istikamah menjalankan sholat lima waktu berjamaah di masjid.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network