Video Mahasiswa UMP Ciptakan Robot yang Bisa Selamatkan Korban dan Padamkan Api

Elde Joyosemito

PURWOKERTO, iNews.id -Prestasi gemilang kembali diukir Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas dengan inovasi menakjubkan berupa penciptaan robot. Apalagi penemuan kali ini terbilang penting dan sangat dibutuhkan Indonesia, dengan kondisi geografisnya yang rentan bencana.

Mereka adalah Tim mahasiswa Teknik Fakultas Teknik dan Sains, yakni Dio Yudha Saputra, Sigit Dwi Prayogo, Adinda Putri Apriliana, dan Muhammad Dhiya'Ul Haq S.

Tim mahasiswa prodi Teknik Elektro tersebut berhasil menciptakan robot unik, canggih dan keren. Robot ini mampu melewati rintangan dan mematikan api. Belum cukup sampai disitu robot ini juga bisa menyelamatkan korban yang berada dekat pada api.

Robot ini bisa berjalan menyusuri dan melewati setiap ruangan yang telah di berikan banyak rintangan. Mulai dari ruangan untuk mendeteksi titik api untuk dipadamkan menggunakan sparyer air serta mencari korban untuk diselamatkan dengan cara membawa korban dan mencari ruang safety zone untuk meletakan korban.

Robot pemadam api/SAR yang diberi nama robot MJD (Mumtaz jiddan) juga diikut sertakan pada Kontes ROBOT INDONESIA pada cabang Robot SAR 2021.

 

(KONTRIBUTOR - ELDE JOYOSEMITO)

 

​​​​​​

Editor : Aryo Arbi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network