get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

5 MIsteri Pulau Nusakambangan yang Angker, Nomor 2 dan 3 Saksi Eksekusi

Minggu, 10 Oktober 2021 | 06:47 WIB
header img
Pulau Nusakambangan terlihat dari Segara Anakan. Ada sejumlah misteri Pulau Nusakambangan yang diyakini masyarakat sampai sekarang. (Foto: Elde Joyosemito)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak hal menarik di berbagai daerah di Indonesia yang perlu diketahui. Salah satu tempat yang pasti akan membuat Anda penasaran adalah Nusakambangan. Ada beberapa misteri Pulau Nusakambangan yang diyakini masyarakat.

Siapa yang tidak kenal dengan Nusakambangan. Secara administratif, Nusakambangan terletak di Cilacap, Jawa Tengah. Tempat menyeramkan bagi para narapidana ini ternyata menyimpan misteri yang belum diketahui masyarakat.

Penjara terketat di Indonesia ini adalah rumah tahanan yang terletak di pulau terpencil. Dihuni banyak hewan buas dan lingkungan yang ekstrem.

Pulau ini menjadi tempat yang dicap mengerikan oleh masyarakat. Dibangun untuk menahan narapidana dari berbagai latarbelakang kriminal, tempat ini juga memiliki banyak misteri yang jarang diketahui orang.

Di antara banyaknya misteri yang ada, lima tempat ini menyimpan paling banyak cerita. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya dirangkum melalui YouTube Juna Way, beberapa waktu lalu.

1.Penjara Super Ketat

Dibangun sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda, Pulau Nusakambangan memiliki tujuh penjara besar. Tiga di antaranya yaitu Batu, Karanganyar, dan Pasir putih, adalah penjara yang dijaga super ketat oleh aparat. Setiap harinya, patroli dilakukan tanpa henti selama 24 jam. Penjaga yang senantiasa dilengkapi dengan senjata api menambah kesan berbahaya dari penjara ini.

2. Bukit Nirbaya

Bukit Nirbaya adalah tempat yang paling banyak menyaksikan matinya para narapidana. Karena banyaknya nyawa yang melayang di tempat ini, para warga sekitar sering mendengar suara misterius yang diasumsikan datang dari para arwah yang tidak tenang. Selain itu, bukit tak berpenghuni ini juga gelap gulita dan ditutup oleh flora dan fauna liar yang menambah kesan angker.

3. Jalan Tunggal Panaluan

Selain Bukit Nirbaya, jalan Panaluan ini juga sering dijadikan tempat eksekusi tembak narapidana yang dihukum mati. Ngerinya tempat ini juga datang dari jalan yang berkelok tajam dan minim penerangan. Konon, karena banyaknya nyawa yang hilang di tempat ini, jalan Panaluan menjadi salah satu spot rawan kecelakaan. Selain karena alam yang tak bersahabat, kecelakaan juga sering terjadi dikarenakan gangguan makhluk astral yang berada di jalan tunggal ini.

4. Pohon Kamboja Pertigaan

Tiga kilometer dari pos polisi, ada pertigaan yang memiliki pohon kamboja. Pohon ini dipercaya angker karena selalu gundul dan tak berdaun, bahkan berbunga. Gundulnya pohon ini dipercaya karena banyaknya makhluk astral yang menduduki dan tinggal di pohon ini, sehingga daerah sekitar pohon ini selalu gersang.

5. Hantu Mbah Sukur

Selain tempat yang angker, penampakan satu sosok kakek-kakek juga sering terlihat di pulau yang dijuluki Alcatraz Indonesia ini. Mbah Sukur adalah sosok hantu tanpa kepala yang sering berjalan tak tentu arah mengitari penjara Nusakambangan. Mitosnya, Mbah Sukur dulunya adalah seorang narapidana yang dieksekusi tembak kemudian dipenggal. Mbah Sukur sering muncul di tanggal eksekusinya untuk memperingati hati kematiannya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut