get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

3 Tempat Wisata Sejarah di Indonesia yang Menyimpan Kisah Mistis, Nomor 1 Nusakambangan

Senin, 04 Juli 2022 | 19:58 WIB
header img
Pulau Nusakambangan terlihat dari Segara Anakan. Ada sejumlah misteri Pulau Nusakambangan yang diyakini masyarakat sampai sekarang. (Foto: Elde Joyosemito)

SEMARANG, iNews.id - Pulau Jawa selain menyimpan wisata alam yang indah serta menarik, ternyata juga terdapat wisata sejarah. Beberapa tempat wisata sejarah di Pulau Jawa ini ternyata juga ada yang menyimpan kisah mistis.

Beberapa kisah mistis itu bahkan cukup dikenal luas dimasyarakat. Setidaknya terdapat tiga tempat wisata sejarah yang menyimpan kisah mistis di Pulau Jawa. Berikut lokasinya seperti dirangkum MNC Portal.

1. Pulau Nusakambangan

Urutan pertama merupakan tempat wisata paling populer, lokasinya terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pulau Nusakambangan terkenal sebagai tempat diasingkannya para narapidana. Terdapat tujuh penjara besar, di antaranya Batu, Karanganyar, dan Pasir putih, yang dijaga superketat oleh aparat dan merupakan lokasi eksekusi mati beberapa terpidana kelas kakap.

Kesan mistis sangat kuat menyelimuti Pulau Nusakambangan, apalagi pulau ini sempat menjadi tempat eksekusi mati para narapidana. Terdapat sejumlah kisah horor, salah satunya suara misterius yang sering didengar warga sekitar.

Ada pula kisah hantu Mbah Sukur, yaitu sosok hantu tanpa kepala yang sering berjalan tak tentu arah mengitari penjara Nusakambangan. Dikisahkan bahwa Mbah Sukur merupakan narapidana yang dulu dieksekusi tembak kemudian dipenggal. Ia kerap muncul di tanggal eksekusinya untuk memperingati hari kematiannya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut