get app
inews
Aa Read Next : Kisah Bung Karno Tertawa saat Polisi Kuba Hentikan Pengawalan hanya untuk Pinjam Korek Api  

Geger! Bung Karno Dianggap Kurang Sopan oleh Singapura Karena Bilang Ini

Jum'at, 17 Juni 2022 | 21:05 WIB
header img
Soekarno (foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Siapa tak kenal dengan salah satu sosok bapak bangsa Indonesia, sekaligus Presiden RI yang pertama ini. Tidak hanya terkenal dengan kewibawaannya, Soekarno atau akrab dipanggil Bung Karno ini pernah membuat negara Singapura geger. Bagaimana tidak, dengan gaya pidatonya yang khas, Bapak Proklamator Indonesia itu bikin heboh dengan meneriakkan kata “Merdeka!”.

Kejadian itu terjadi di tahun 1955 saat Bung Karno hendak pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Di tengah perjalanan menuju Tanah Suci, pesawat yang dinaiki Bung Karno singgah sejenak di Singapura. Hal itu membuat sejumlah warga Indonesia yang ada di sana berbondong-bondong untuk menyambut Bung Karno.

Seperti yang diketahui banyak orang, Bung Karno adalah sosok yang terkenal dengan pidatonya yang lantang dan berapi-api. Gayanya yang khas tersebut juga tampak saat ia berpidato di Singapura. Satu kata yang menggegerkan itu muncul dalam pidatonya tersebut, Bung Karno meneriakkan “Merdeka… Merdeka… Merdeka!!!”

Sontak pers Singapura yang hadir pun terkejut dengan kata-kata itu. Apalagi, saat itu Singapura masih berada di bawah pengaruh imperialisme Inggris.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut