get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

5 Stasiun Kereta Api Unik Suguhi Lagu Keroncong, Purwokerto Bisa Buat Penumpang Rindu

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:49 WIB
header img
Stasiun Purwokerto memiliki lagu khas unik saat kedatangan kereta api yang diputar sebagai tanda kereta tiba. (Foto: Ist)

INDONESIA memiliki beberapa stasiun kereta api yang unik. Keunikan itu bisa dilihat dari segi arsitekturnya hingga lagu khas yang menjadi penanda kereta tiba.

Selain menjadi tempat pemberhentian kereta api, stasiun juga berfungsi sebagai tempat menunggu bagi calon penumpang kereta yang akan bepergian. 

Stasiun menghubungkan daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa dan kereta api menjadi salah satu transportasi umum yang memudahkan penggunanya untuk melakukan perjalanan jarak jauh. 

Seperti 5 stasiun kereta api di Indonesia yang menyuguhkan keunikan tersendiri. Di mana saja kah stasiun unik tersebut? Berikut ini stasiun kereta api unik di Indonesia.

1. Stasiun Purwokerto


Urutan pertama ada stasiun kereta api Purwokerto yang terletak di lokasi strategis pinggir kota, tepatnya terletak di Jln. Stasiun Purwokerto, Kober, Banyumas. Stasiun Purwokerto berada di atas ketinggian sekitar 75 Mdpl. 

Stasiun ini menyediakan tujuh jalur kereta api, bahkan memiliki jalur ganda yang bisa menempuh jarak Jakarta-Purwokerto via Cirebon hanya dengan waktu lima jam. 

Stasiun Purwokerto yang pastinya memiliki ciri khas unik saat kedatangan kereta api yang diputar sebagai tanda kereta tiba, dengan lagu 'Di Tepinya Sungai Serayu' bergenre keroncong. Musik ini selalu membuat penumpang adem dan rindu akan Kota Purwokerto.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut