get app
inews
Aa Read Next : Nyantrik, Jagat Lengger Festival Pertemukan Kolaborasi Seniman Lintas Generasi

Lama Terpuruk Akibat Pandemi, Ini Meriahnya Festival Kesenian Ebeg di Banyumas

Minggu, 19 Juni 2022 | 20:58 WIB
header img
Lama terpuruk akibat pandemi, gelaran acara kesenian tradisional bertajuk Festival Kesenian Ebeg Banyumas 2022 kembali digelar. (Foto: Agustinus Yoga Primantoro/InewsPurwokerto.id)

BANYUMAS, iNews.id - Lama terpuruk akibat pandemi, gelaran acara kesenian tradisional bertajuk Festival Kesenian Ebeg Banyumas 2022 kembali digelar di Gelora Wasesa Karangnangka Dusun III, Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Minggu (19/6/2022). Gelaran acara yang dimulai sejak 1 hingga 30 Juni 2022 tersebut mempertontonkan sebanyak 15 kelompok Kesenian Ebeg yang berasal dari Banyumas. 

Acara yang diadakan setiap tanggal ganjil tersebut, dimulai sejak sekitar pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan harga tiket Rp 15 ribu. Pada hari ini, Komunitas Kesenian Ebeg "Aji Turonggo Seto" yang berasal dari Arcawinanggun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas berkesempatan untuk unkuk gigi. 

Umar Prianto (37) pimpinan komunitas tersebut kiranya dapat bernafas lega usai dihantam pandemi selama kurang lebih dua tahun belakangan. Ia bersama belasan anggota komunitasnya yang lain akhirnya dapat tampil kembali di tengah masyarakat.

"Ya Alhamdulilah selama 2 tahun lebih sejak Covid-19 akhirnya bisa tampil lagi," ujarnya pada iNewsPurwokerto.id saat tengah beristirahat.

Salah satu penari ebeg Apri (24) juga turut mengungkapkan perasaan antusiasnya karena ia bersama dengan para anggota lain akhirnya dapat berkarya kembali. Ia mengaku persiapan yang dilakukan untuk tampil dalam acara kali ini dilakukan kelompoknya dalam kurung waktu sekitar seminggu sebelumnya.

"Seneng mas, akhirnya bisa tampil lagi," ungkap pemuda yang mengaku telah tertarik dengan kesenian Jawa satu ini sejak kecil.

Sutrisno (57) selaku Event Organizer (EO) acara Festival Kesenian Ebeg Banyumas 2022 berharap agar komunitas ebeg yang tersebar di Banyumas dapat memanfaatkan momentum dalam acara-acara seperti ini.

"Kita persiapkan hadiah juara 1,2 dan 3 dengan total hadiah Rp 5 juta. Kemudian, untuk penilaiannya itu nanti dari voting penonton," jelas pria yang sudah berkecimpung di dunia EO sejak tahun 1989.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut