get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Sepatu Bata yang Sudah Ada Sebelum Kemerdekaan, Kini Pabriknya Berhenti Beroperasi

Kisah Pangeran Diponegoro Tolak Tawaran Nyi Roro Kidul Melawan Belanda

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:48 WIB
header img
Sebagai seorang muslim sejati, yang beriman kepada Allah Yang Maha Kuasa, Pangeran Diponegoro menolak bantuan Ratu Kidul dalam perjuangannya melawan Belanda. (ist)

JAKARTA, iNews.id - Dikisahkan dalam buku Takdir Riwayat Pangeran Diponegoro 1785 - 1855 yang ditulis oleh Peter Carey, saat Pangeran Diponegoro bertemu dengan Ratu Kidul saat tengah bersemedi.

Dalam tersebut, sebagai seorang muslim sejati, yang beriman kepada Allah Yang Maha Kuasa, Pangeran Diponegoro menolak bantuan Ratu Kidul dalam perjuangannya melawan Belanda.

Konon pertemuan antara Pangeran Diponegoro dengan Ratu Pantai Selatan itu saat tengah bertapa di gua. Pertemuan antara Diponegoro dengan penguasa laut selatan ini terjadi di Gua Langse, ketika Diponegoro masih berusia 20 tahun dengan merasuki ritualnya.

Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul yang hadir menampakkan diri di gua terlebih dahulu memancarkan aura sinar menandakan kedatangannya. Tetapi saat kedatangan Ratu Kidul, Diponegoro tengah bersemedi dengan khusu'. Pangeran Diponegoro menjadi tak dapat diganggu, hal ini membuat Ratu Kidul mundur sambil berjanji bahwa pada saat yang tepat nanti ia akan datang.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut