get app
inews
Aa
Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Gunung Selok Cilacap, Saksi Ritual Mistis Presiden Soeharto Semasa Hidup

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:46 WIB
header img
Ritual mistis dan semedi konon sering dijalani mantan Presiden Soeharto. Salah satu lokasi yang disebut-sebut sering didatangi yakni di Gunung Selok, Cilacap. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Gunung Selok, Kecamatan Adipala memang terkenal menjadi salah tujuan ziarah spiritual yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Di wilayah Desa Karangbenda tersebut, ritual mistis dan semedi konon sering dijalani mantan Presiden Soeharto semasa hidupnya.

Ada tiga tempat di Gunung Selok yang menjadi lokasi tempat untuk mendapatkan petunjuk spiritual Presiden Soeharto. Ketiga lokasi itu adalah Jampe Pitu, Jampe Lima dan Goa Rahayu.

Suatu saat dikisahkan Presiden Soeharto yang saat itu menjadi Presiden Republik Indonesia selama 31 tahun, yakni sejak 1967 hingga 1998 datang dengan menaiki helikopter.

Helikopter mendarat di sekitar Gunung Selok. Sosok yang lahir di Kemusuk, Argomulyo, Bantul, DIY itu lantas bergerak menuju ke Jampe Pitu. Sejenak kemudian ritual mistis pun dilaksanakan.

Di Jampe Pitu, sosok Presiden yang di dunia internasional terkenal dengan sebutan The Smilling General itu melakukan semedi, menyepi, dan berkonsentrasi penuh memohon pada Yang Maha Kuasa.

Konon biasanya, Soeharto melakukan ritual mistis dan semedi meminta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa di Jambe Pitu pada bulan Suro. Dalam penanggalan Jawa, bulan Suro sering dianggap bulan yang keramat dan sakral.

Laku spiritual di Jambe Pitu dilaksanakan di Sanggar Pamujan, Sanggar Palereman Kakung, Sanggar Palereman Putri, dan Sanggar Supersemar.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut