get app
inews
Aa Read Next : 5 Lokasi Wisata Dieng yang Bikin Susah Move On, dari Sunrise hingga Telaga Berwarna

5 Tempat Wisata di Dieng, Nomor 3 Lokasi Ruwatan Anak Rambut Gimbal

Sabtu, 16 Juli 2022 | 16:42 WIB
header img
Dieng yang berada di perbatasan antara Wonosobo dan Banjarnegara menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. (Foto: Elde Joyosemito)

KAWASAN Wisata Dieng berada di dataran tinggi yang terbagi di dua Kabupaten, yakni Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Tempat wisata di Dieng sangat mempesona, mulai dari pemandangan alamnya yang menarik dikunjungi bersama keluarga.

Wisata Dieng memang sangat memanjakan mata wisatawan yang berkunjung. Selain pemandangan yang sangat asri, hawanya yang sejuk, serta adanya peninggalan sejarah bernilai tinggi di kawasan wisata Dieng. Salah satunya prosesi ruwatan anak rambut gimbal.

Ruwatan anak rambut gimbal digelar dalam acara Dieng Culture Festival 2022. Kegiatan ini biasanya digelar setiap tahunnya karena menyajikan prosesi adat dan budaya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan. 

Karena keunikan anak berambut gimbal dalam Dieng Culture Festival 2022 ini membuat kawasan wisata Dieng menjadi destinasi wisata paling favorit di Jawa Tengah.

Dieng selain memiliki banyak spot menarik dengan pemandangan alam yang spektakuler. Pada cuaca tertentu, wisatawan juga bisa melihat embun salju atau bun upas semacam salju di Dieng.

Tempat Wisata di Dieng

Berikut beberapa tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi.

1. Bukit Sikunir


Wisatawan menikmati Bukit Sikunir
 
Bukit Sikunir adalah salah satu tempat favorit wisatawan ketika berkunjung ke Dieng. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan mataharit terbit (sunrise) dari atas bukit. Keindahan alam berupa matahari terbit dengan warna keemasan (golden sunrise) menjadi pemandangan yang memanjakan mata.

Namun, untuk menyaksikannya, para wisatawan harus terlebih dulu mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. Tidak hanya golden sunrise, wisatawan dapat pula menikmati keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu hingga Gunung Merapi jika cuaca cerah.

2. Kawah Sikidang


Kawah Sikidang, Dieng. Foto: Bayu Sasongko
 
Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata di Dieng. Wisatawan datang ke kawasan ini guna menyaksikan aktivitas vulkanik. Kawah yang masih menunjukkan aktivitas vulkanik memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kawah Sikidang tinggi akan kandungan sulfur atau belerang. Oleh karena itu, bau gas yang keluar sangat menyengat. Para wisatawan disarankan untuk menggunakan masker agar tidak keracunan gas.

Di Kawah Sikidang, wisatawan dapat menemukan pedagang telur, di mana telur itu direbus di kawah kecil yang airnya mendidih.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut