get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Perut Selalu Terasa Lapar saat Hujan?

Banjir dan Longsor Landa Banyumas

Kamis, 28 Oktober 2021 | 07:05 WIB
header img
Rumah yang tertimpa pohon di Banyumas. (Foto: Dok BPBD Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id- Banjir dan longsor melanda Banyumas. Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyumas pada Rabu (27/10/2021) sore hingga malam menyebabkan bencana di sejumlah tempat.

Banjir dan longsor terjadi di beberapa kecamatan di antaranya adalah Sumpiuh, Kemranjen dan Pekuncen.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan hujan deras yang terjadi mengakibatkan tanggul sungai jebol di Desa Karet, Kecamatan Sumpiuh. Akibat tanggul jebol, air menggenai rumah-rumah penduduk. Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah turun sejak semalam,”kata Titik pada Kamis (28/10/2021).

Dikatakan oleh Titik, selain itu ada banjir luapan yang terjadi di Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjen akibat luapan Sungai Jamang. Kemudian juga banjir luapan terjadi di Desa Kebarongan, Kemranjen dan Desa Kedungpring, Kecamatan Sumpiuh.

“Hujan deras yang disertai angin juga merobohkan pohon dan menimpa rumah penduduk di Desa Pagerang. Kerusakan pada teras rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,”jelasnya.

Sementara tanah longsor juga terjadi di Desa Candinegara, Kecamatan Pekuncen. Longsor tebing jalan tersebut terjadi dipicu oleh air hujan dengan volume tinggi. “Longsor menganca, satu rumah. Warga akan mengadakan kerja bakti hari ini untuk membersihkan longsoran dan melakukan antisiapasi,”tambahnya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut