get app
inews
Aa
Read Next : UMP Siapkan 5.900 Kursi Mahasiswa Baru, Ini Daftar Program Studi yang Dibuka

Menasional, PGPAUD UMP Jadi Peserta Terpilih FGD Kementerian Pendidikan

Senin, 07 Juni 2021 | 13:00 WIB
header img
Suasana FGD Kementerian pendidikan yang diikuti oleh PGPAUD UMP. (Foto: Humas UMP)

PURWOKERTO, iNews.id- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah terpilih menjadi peserta Focus group discussion (FGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) se-Indonesia.

Kegiatan berlangsung pada akhir pekan kemarin di Hotel Swiss Bellin Bogor ini membahas dan mereview program kebijakan guru dan tenaga kependidikan Anak Usia Dini terkit pemetaan data dan permalasahan implementasi program GTK PAUD.

Kepala Program Studi (Kaprodi) PGPAUD UMP Desti Pujiati yang menjadi delegasi UMP memaparkan beberapa hal terkait masalah pendidikan anak usia dini yaitu Tentang Sumber daya manusia guru wajib S1 PAUD.

“Permintaan Kelompok Bermain seperti TK bisa dijadikan Formal dan penggunaan dana desa termasuk di dalamnya untuk fasilitas sarana prasarana, peningkatan untuk intensif guru, tetapi selama ini belum,” jelasnya.

Lebih lanjut Desti mengatakan, PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP bertujuan menghasilkan lulusan calon guru PAUD yang berkepribadian luhur, memiliki kemampuan mendidik dan membimbing anak usia dini.

“PG-PAUD ini mendidik sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat lokal dan nasional. Selain itu PG-PAUD menjadi lembaga kemitraan untuk kegiatan penelitian dan pengembangan anak usia dini,” jelasnya.

Selain UMP, ada lima Perguruan tinggi di Indonesia yang terpilih menjadi peserta terpilih FGD  kemendikbud se-Indonesia. Diantaranya adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Al Azhar, Univeristas Negeri Jakarta, Universitas Inodonesia dan PGPAUD UMP yang merupakan satu-satunya kampus Muhammadiyah yang menjadi perserta terpilih oleh GTK PAUD Kemendikbud RI.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut