get app
inews
Aa Read Next : Kekaisaran Turki Utsmani Bertahan 600 Tahun,  Ada Faktor Revolusi Industri 

Muhammad Al Fatih Taklukkan Konstantinopel Saat Usia 19 Tahun, Peristiwa Sejarah Perkembangan Islam

Minggu, 24 Juli 2022 | 05:30 WIB
header img
Muhamad Al Fatih atau Mehmed II berhasil menundukkan Konstantinopel disaat umurnya masih sangat belia, sangat muda yakni 19 tahun. Foto: Dok

MUHAMMAD Al Fatih atau Mehmed II berhasil menundukkan Konstantinopel disaat umurnya masih sangat belia, sangat muda yakni 19 tahun.

Dia menjadi penguasa Utsmani ketujuh yang berkuasa. Turki Utsmani tercatat mengalami kejayaan di bawah pimpinan Sultan Mehmet II (al-Fath). 

Semasa remaja atau pada berusia 19 tahun, Al Fatih mampu melaklukan Kota Konstantinopel di masa kekhalifahan Turki Utsmani. Pelaklukan kota tersebut merupakan salah satu peristiwa bersejarah di masa perkembangan Islam.

Konstantinopel adalah kota yang paling tak bisa tertembus di dunia pada masa itu. Namun, dengan kekuasaan Mehmet II, Konstantinopel dapat ditaklukan dan dijadikan ibu kota kekaisaran Utsmani, yang bernama Istanbul.

Konstantinopel juga dipandang sebagai salah satu kota yang paling penting di dunia. Bahkan, pada masa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, beliau pernah berkata bahwa kaum Muslim akan menaklukkan Konstantinopel.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut