get app
inews
Aa
Read Next : Kalangan Pengusaha Banyumas Dorong Kapolda Maju Pilgub, Segera Deklarasi Teman Luthfi

Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di 18 Provinsi

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:03 WIB
header img
ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadi potensi cuaca ekstrem di 18 provinsi. Hal ini berdasarkan adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Timur Filipina.

BMKG mengatakan, sirkulasi lain terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Papua hingga Papua Barat. Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Bengkulu hingga Jambi bagian barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, di Kalimantan Barat, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Sulawesi Tengah, di Maluku Tenggara dan memanjang di Papua bagian tengah.

“Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” ungkap BMKG dalam keterangannya, Kamis (10/6/2021).

Adapun 16 wilayah akan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, sebanyak 2 wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut