get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Siklon Tropis Teratai Muncul Malam Ini, Ini Sejumlah Daerah yang Terdampak

Rabu, 01 Desember 2021 | 19:40 WIB
header img
Siklon Tropis Teratai. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati meminta masyarakat waspada atas lahirnya siklon tropis dari bibit siklon 92S yang diberi nama Siklon Tropis Teratai. Siklon tersebut diprediksi muncul malam ini, Rabu (1/12/2021).

“Prediksi BMKG dalam waktu 3 jam ini (bibit siklon 92S) akan semakin menguat dan akan lahir menjadi Siklon dalam waktu 3 jam. Bibit siklon 92S ini akan diberi nama siklon tropis Teratai,” ungkap Dwikorita dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Dwikorita mengatakan saat ini kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya yaitu sistem bibit siklon 92S yang akan segera lahir yang di siklon, kecepatannya mencapai 56 km per jam dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya mencapai 1006 hPa.

“Dan diprediksi kecepatan angin tersebut akan menjadi 35 Knot atau 65 km per jam dalam 3 jam kedepan,” ucapnya.

Sehingga, kata Dwikorita, bibit siklon ini berpeluang terbentuk menjadi siklon tropis dengan nama yang sudah disiapkan oleh Tropical Cyclone Warning Center Jakarta yaitu menjadi Siklon Tropis Teratai dengan arah pergerakan ke arah Tenggara Selatan menjauhi wilayah Indonesia.

“Posisi bibit siklon 92S yang akan berkembang menjadi siklon tropis Teratai per hari ini nanti diprediksi sekitar pukul 7 atau pukul 8 malam,” ungkap Dwikorita.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut