get app
inews
Aa Read Next : 14 Wisata Alam di Banyumas yang Bikin Romantis, Agendakan Saat Libur Lebaran

Kenang Semangat Hari Pahlawan, Dandim Lepas Tim Pendaki Gunung Slamet

Selasa, 09 November 2021 | 07:46 WIB
header img
Pendakian ke Gunung Slamet. (Foto: Dok Kodim 0701/Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id – Sesuai dengan tema Hari Pahlawan 2021, Pahlawanku Inspirasiku, maka semangat kepahlawanan harus menginspirasi seluruh elemen bangsa. Tentu saja sesyai dengam potensi dan profesi masing-masing.

Guna mengenang jasa para pahlawan, Komandan Kodim (Dandim) 0701/Banyumas Letkol Inf Candra melepas tim pendaki Gunung Slamet dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 dan pemugaran tugu Mayor Jenderal Soerono di puncak Gunung Slamet. Jalur yang dipakai adalah trek Baturraden. Sebelumnya dilaksanakan apel di Kodim 0701/Banyumas  pada Senin (08/11/2021).

Dandim mengatakan sangat mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan pendakian yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan sekaligus pemugaran tugu Mayjen Surono di puncak Gunung Slamet trek Baturraden, Banyumas.

“Seperti kita ketahui bersama, Mayjen Surono adalah salah satu putra terbaik Banyumas, yang patut menjadi suri tauladan kita semua. Kepada tim pendaki gunung Slamet, saya berpesan untuk tetap jaga kekompakan selama melakukan pendakian,”jelasnya.

Ia mengatakan bahwa banyak yang dapat dipetik dari naik gunung. “Mendaki gunung telah menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga dengan indahnya alam yang dimiliki indonesia. Pendaki menjunjung tinggi nilai toleransi. Para pendaki tidak mengenal kata egois, naik gunung bersama, turun gunungpun harus bersama-sama. semakin sering mendaki, perasaan memiliki tanah airpun semakin besar,”katanya

Dandim mengatakan, nasionalisme tidak dapat tumbuh dari slogan atau indoktrinasi semata. Cinta tanah air akan tumbuh dengan melihat langsung alam dan masyarakatnya, seperti yang mereka lakukan pada event kali ini. “Saya berharap, event seperti ini bisa sebagai sarana komunikasi sesama pendaki, disamping itu juga dapat dijadikan sarana memupuk jiwa kekompakan dan jiwa nasionalisme,”tambahnya.

Pendakian ke gunung Slamet dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Pemugaran tugu Mayjen  Soerono diikuti oleh 48 peserta pendakian yang terdari dari TNI-Polri, para pecinta alam dari Radenpala, PMPB, Jagabaya, Jagawara, Cemara Sakti, Baladewa, Tagana, Wapala, Carya Bhuana, Jagrawecya, Bio Explorer, Green Corps, Laguna, Gramatepa, Mapula dan PMI Banyumas.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut