get app
inews
Aa Read Next : 27 Link Pengganti LK21, IndoXXI dan Rebahin, Cocok Jadi Referensi Nonton Bareng Keluarga

10 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton Jelang HUT RI ke-77

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:56 WIB
header img
Rekomendasi film Kemerdekaan Indonesia cocok disaksikan seluruh lapisan. Foto Istimewa

BANDUNG, iNewsPurwokerto.id - Rekomendasi film Kemerdekaan Indonesia cocok disaksikan seluruh lapisan masyarakat. Tahun ini, bangsa Indonesia akan merayakan HUT RI ke-77 yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus.

Jelang hari istimewa ini, banyak cara bisa dilakukan masyarakat untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan mengenang perjuangan para pahlawan, salah satunya dengan menonton film perjuangan

Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Berikut 10 film Kemerdekaan Indonesia bertema perjuangan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Soekarno

Soekarno: Indonesia Merdeka adalah film yang bercerita tentang perjuangan Ir Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia ini tayang perdana pada 11 Desember 2013. Aktor Ario Bayu didapuk memerankan sosok ‘Putra Sang Fajar’.

2. Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman rilis pada 27 Agustus 2015. Aktor muda Adipati Dolken dipercaya memerankan tokoh pahlawan kharismatik ini.

Bercerita tentang seorang jenderal besar yang memimpin perang gerilya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Walaupun menderita penyakit paru, hal itu tidak menjadi halangan baginya untuk terus berjuang.

3. Merah Putih

Film ini merupakan rangkaian dari film Trilogi Merdeka. Merah Putih merupakan rangkaian pertama yang rilis pada 13 Agustus 2009.

Diperankan oleh lima aktor berpengalaman yaitu Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola dan Teuku Rifnu Wikana. Bercerita tentang Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947, film didedikasikan untuk dua pahlawan Indonesia, Letnan Satu R. M. Subianto Djojohadkusumo dan Kadet R. M Sujono Djojohadikusumo.

4. Bandung Lautan Api

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada 1946. Bangunan-bangunan di Kota Bandung habis dibakar oleh penduduknya. 

Hal tersebut dilakukan agar sekutu dan tentara Belanda tidak bisa menggunakan fasilitas di kota tersebut. Film ini dibintangi oleh aktris senior Christine Hakim.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut