get app
inews
Aa Read Next : Aksi Kerusuhan di Prancis, 1.300 Ditangkap

Tinggal di Pedalaman, Ini Asal Usul Suku Bermata Biru di Indonesia yang Mirip Orang Eropa

Kamis, 25 Agustus 2022 | 20:15 WIB
header img
Suku Buton di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dikenal memiliki mata biru. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Asal usul suku yang memiliki mata biru tinggal di pedalaman Indonesia, mereka disebut-sebut mirip seperti orang Eropa. Padahal pada umumnya, orang Indonesia memiliki bola mata hitam atau kecokelatan.

Jejak suku bermata biru di Indonesia berdasarkan sejarah dan cerita rakyat, merupakan hasil perkawinan campur antara bangsa Portugis di masa lampau. Salah satunya adalah suku Buton yang tinggal di pedalaman Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Tak dipungkiri, beberapa masyarakat suku Buton memang memiliki mata biru terang dan berkulit cokelat. Mata biru mereka disebabkan kelainan genetik langka yang disebut Waardenburg Syndrome.

Namun, fakta lain menyebutkan warga suku Buton bermata biru karena hasil perkawinan silang dengan bangsa Portugis pada masa penjajahan.

Memiliki warna bola mata yang berbeda sering menjadi pusat perhatian. Karena keunikan inilah yang membuat orang merasa penasaran terhadap keberadaan manusia bermata biru.

Dikutip dari Disparsultra.id, di Buton ada seorang gadis cantik bernama Ariska Dala. Dia memiliki bola mata yang sangat indah, berwarna biru seperti Ayahnya La Dala. Bola mata mereka khas orang-orang Eropa.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut