get app
inews
Aa Read Next : Awas, Hanya 3 Hari Ada 10 Kematian Akibat Covid-19 di Banyumas

Plasma Konvalesen Nyaris Kosong, PMI Ajak Penyintas untuk Donor

Senin, 14 Juni 2021 | 16:45 WIB
header img
Seorang pendonor plasma konvalesen tengah berdonor. (Foto: Dok PMI Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id- Plasma konvalesen (PK) di PMI Banyumas nyaris kosong. Karena itulah, PMI mengajak kepada para penyintas covid-19 yang telah sembuh untuk mendonorkan PK-nya. Apalagi, saat sekarang permintaan PK mulai naik akibat adanya lonjakan kasus covid-19.

Ketua Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas Ivone Rusyandari mengatakan stok PK pada 14 Juni 2021 PMI Banyumas telah memberikan 1.332 kantong PK, bagi 1.123 pasien berbagai golongan darah.

“Permintaan  PK yang belum terpenuhi sebanyak 9 kantong untuk sembilan pasien dari beberapa golongan darah. Yang belum terpenuhi adalah inden dari luar wilayah Banyumas. Stok PK untuk wilayah Banyumas hanya ada 9 kantong. Sedangkan PK yang free stoknya kosong,'' ungkap Ivone, Senin (14/6/2021).

Ivone mengatakan permintaan PK tersebut tidak hanya untuk pasien yang ada di RS  di Banyumas saja, tetapi juga dari luar kota. Dalam beberapa waktu terakhir, ada kenaikan  permintaan PK beberapa waktu terakhir ini diperkirakan karena kasus Covid-19 meningkat lagi.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengajak warga masyarakat untuk mendonorkan darahnya lewat PMI. “Terutama adalah mereka penyintas Covid-19 atau orang yang pernah terkena Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh, sangat ditunggu untuk donor darah plasma konvalesen. PK saat ini sangat dibutuhkan untuk penderita Covid-19,”jelasnya.

Sadewo menambahkan Banyumas yang jumlah kasus Covid-19 pada awal 2021 sudah melandai, beberapa waktu terakhir ini, mulai terasa ada kecenderungan meningkat.

“Disamping mengajak mereka yang pernah terkena Covid-19 dan dinyatakan telah sembuh untuk mendonorkan PK, mari kita sama-sama menjaga protokol kesehatan agar kasus Covid-19 di Banyumas bisa dicegah penyebarannya,”tambahnya.

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut