get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Uang Miliaran, DPC PDIP Banyumas: Untuk Saksi di 5.000 TPS Dikali Dua

UPK Rp75.000 Masuk Daftar Nominasi Uang dengan Desain Terbaik di Dunia

Sabtu, 24 April 2021 | 21:57 WIB
header img
Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp75.000 masuk dalam daftar nominasi uang dengan desain terbaik di dunia. (Foto : Istimewa)

COLUMBIA, iNews.id –  Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Indonesia pecahan Rp75.000 masuk dalam daftar nominasi 24 uang dengan desain terbaik di dunia.  UPK Rp75.000 diterbitkan tahun lalu  untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Meski demikian, pada akhirnya The International Bank Note Society (IBNS) menganugerahkan uang Peso Meksiko pecahan 100 sebagai uang dengan desain terbaik di dunia tahun 2020. Uang tersebut diterbitkan oleh bank sentral Banco de Mexico.

IBNS merupakan organisasi nonprofit yang didirikan di AS pada 1961. Saat ini, Presiden IBNS adalah Pam West yang berasal dari Inggris.

Dikutip dari situs resmi IBNS, Sabtu (24/4/2021), status 'Bank Note of The Year Award' itu diperoleh setelah melalui mekanisme voting yang berakhir pada 31 Januari 2021. Voting dilakukan oleh anggota khusus IBNS.

Uang Meksiko pecahan 100 peso tersebut berbahan polimer dengan warna dominan merah. Uang yang berbentuk vertikal tersebut diterbitkan pada Mei 2020 oleh divisi Banco de Mexico yang baru beroperasi sebelum pandemi Covid-19.

Bagian depan uang tersebut bergambar pahlawan nasional Meksiko sekaligus penyair, Sor Juana Ines de La Cruz dengan latar belakang simbol budaya dan sejarah negara. Di sisi belakang uang bergambar ekosistem hutan tropis Meksiko yang dikenal dengan sebutan Monarch Butterfly Biosphere Reserve.

Uang Meksiko mengalahkan 23 nominasi uang yang diterbitkan tahun lalu. Sejak awal, uang ini berada di posisi teratas diikuti oleh uang Skotlandia pecahan 20 pound, uang Irlandia Utara pecahan 20 pound, uang Bahama 5 dolar, dan uang Fiji 50 dolar.
 

Editor : Masirom

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut