get app
inews
Aa
Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Istimewa! Ribuan Wisatawan Saksikan Ruwatan Anak Rambut Gimbal di Dieng

Sabtu, 03 September 2022 | 16:55 WIB
header img
Prosesi pemotongan rambut gimbal di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (3/9/2022). Foto: iNews/Elis Novit.

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id – Ribuan wisatawan menyaksikan prosesi pemotongan rambut gimbal yang digelar di Komplek Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (3/9/2022). Ruwatan di Dataran Tinggi Dieng ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) XIII.

Sekitar 6.000 wisatawan tampak memadati pelataran kompleks Candi Arjuna saat prosesi pencukuran anak berambut gimbal berlangsung. 

Memiliki rambut gimbal bagi anak-anak di Dataran Tinggi Dieng merupakan suatu yang istimewa. Oleh karena itu, rambut anak-anak istimewa tersebut harus dipotong melalui sebuah prosesi upacara ruwatan potong rambut gimbal.

Berdasar kepercayaan masyarakat setempat, anak berambut gimbal merupakan titisan dari Eyang Kolodete dan Nini Ronce Kala Prenye yang merupakan leluhur masyarakat Dieng. 

Prosesi pemotongan rambut berbeda dengan anak pada umumnya. Permintaan sang anak harus dituruti sebelum pencukuran rambut melalui prosesi adat dan budaya. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut