get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia U-20 Ditahan Imbang China, Begini Komentar Indra Sjafri

Amerika Tak Menyangka China Miliki Kemampuan Uji Coba Senjata Hipersonik

Senin, 22 November 2021 | 20:00 WIB
header img
Sejumlah kendaraan militer mengangkut rudal China. (Foto: Alarabiyah)

BEIJING, iNews.idUji coba senjata hipersonik yang dilakukan oleh Beijing, China membuat Pentagon (Departemen AS) terkejut, Financial Times melaporkan, sebelumnya tidak ada negara yang diketahui memiliki kemampuan tersebut. China sendiri menembakkan rudal dari senjata hipersonik saat mendekati target saat uji coba yang berlangsung pada Juli lalu.

Menurut surat kabar asal Inggris itu, sebuah kendaraan luncur hipersonik yang diluncurkan China menembakkan proyektil di atas Laut China Selatan (LCS) sambil bergerak dengan kecepatan lima kali kecepatan suara. Laporan yang diulas Financial Times itu mengutip orang-orang yang mengetahui informasi intelijen tersebut.

Beberapa ahli militer meyakini, senjata yang ditembakkan China dalam uji coba kali ini adalah rudal udara-ke-udara . Sementara, analis yang lainnya menduga senjata itu dapat merusak kemampuan sistem pertahanan rudal untuk melumpuhkan senjata hipersonik—yang dapat membawa hulu ledak nuklir—dalam pertempuran.

Financial Times pada bulan lalu melaporkan, China melakukan tes rudal hipersonik pada 27 Juli dan melakukannya lagi pada 13 Agustus. Kegiatan militer Beijing itu meningkatkan kekhawatiran di Washington DC tentang kemampuan militer China yang maju pesat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut