get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

7 Destinasi Wisata Alam Asyik di Banyumas yang Cocok untuk Akhir Pekan, Ada Rumah Kuntilanak

Rabu, 14 September 2022 | 16:29 WIB
header img
Kebun Raya Baturraden ( Foto : Instagram/@panoramapurwokerto).

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Jelang akhir pekan sudah menyiapkan rencana liburan ke mana? Jika belum ada rencana, destinasi wisata alam di Kabupaten Banyumas berikut bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyumas yang terkenal dengan kota seribu curug ini menyimpan destinasi wisata alam tersembunyi yang cukup banyak. Mulai dari curug-curug nan mempesona, hamparan hijau pegunungan, hingga berbagai wahana di tengah segarnya udara alam. 

Berikut destinasi wisata alam di Kabupaten Banyumas yang berhasil tim iNewsPurwokerto.id rangkum, dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk melepas lelah setelah satu pekan sibuk dengan tugas dan pekerjaan.

1. Curug Jenggala


Curug Jenggala di kawasan Baturaden. (Foto: Elde Joyosemito)

 

Mengelilingi Banyumas khususnya Purwokerto rasanya tidak cukup jika belum mengunjungi area air terjun. Suasana alam yang asri serta merdunya kicau burung bisa membuat pikiran dan tubuh kita jadi lebih relaks loh! Cocok banget nih buat kaum-kaum remaja yang butuh lebih banyak healing, apalagi mahasiswa akhir yang sedang sibuk-sibuknya menyusun skripsi. 

Meskipun masih terbilang baru yakni sejak tahun 2016, namun destinasi wisata yang sangat Instagramable ini langsung hits di berbagai kalangan. Tak hanya pesona air terjun setinggi 30 meter saja yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Namun juga panorama asri serta objek wisata lain yang ada disekitarnya pun tak kalah akan keindahannya. 

Jangan takut jangan bimbang, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Tempat ini sudah menyediakan area parkir, toilet, ruang ganti, mushola, kios makanan, serta penginapan disekitar kawasan wisata.

Untuk mencapai curug ini, kamu perlu melalui jalur trekking yang sangat mempesona dengan menyusuri jalan setapak sekitar 30 menit.

Buat kamu yang mau berkunjung ke curug jenggala, jangan khawatir soal biaya tiketnya. Sebab, destinasi wisata yang tepatnya terletak di Dusun Kalipagu, Baturraden ini memiliki biaya tiket masuk yang cukup terjangkau hanya Rp10.000 dengan jam buka setiap hari mulai pukul 07.00-15.30 WIB.

2. Curug Ceheng Gandatapa

Curug Ceheng Gandatapa atau yang lebih sering disebut dengan Curug Ceheng merupakan bagian dari aliran deras sungai Pelus. Aliran air terjun setinggi 13 meter ini mengalir ke daerah hilir sampai Sumbang dan sekitarnya.

Curug ini memiliki ceruk dengan bentuk seperti setengah lingkaran dengan latar belakang Gunung Slamet dan lokasinya sedikit tersembunyi di tengah perkebunan dan hutan. Rute perjalanan yang dilalui tidaklah sulit, namun perlu tetap hati-hati.

Jarak tempuh dari gerbang masuk ke lokasi sekitar 400 meter. Kemudian, dilanjutkan anak tangga berupa turunan berkelok dengan tebing cukup terjal sekitar 70 menit.

Untuk tarif tiket masuknya seharga Rp15.000 dengan tarif parkir kendaraan roda 2 Rp1000 dan kendaraan roda 4 Rp2.000. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap diantaranya parkir, bumi perkemahan yang rindang, loket tiket, dan kamar mandi.

3. Telaga Sunyi

Setelah menjelajah air terjun, kamu wajib banget nih mengunjungi pemandangan alam yang asri dengan aliran air tenang yang jernih berwarna hijau kebiruan. Meski aliran airnya pelan dan tidak terlalu tinggi, tetapi wisatawan dilarang bermain atau berenang di area bagian bawah karena dalam dan alirannya cukup deras.


Wisata telaga sunyi Baturraden (Foto: Instagram/ @telagasunyi_baturraden)

Di sepanjang jalan menuju lokasi, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan persawahan penduduk, sungai-sungai kecil yang jernih, serta wilayah pepohonan tinggi yang rimbun.

Letak Telaga Sunyi berada di daerah Limpakuwus, Sumbang dengan harga tiket masuknya Rp13.000 per orang. Untuk kamu yang ingin berkunjung dan menikmati suasana tenang di telaga sunyi, telaga ini buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.

4. Hutan Pinus Limpakuwus

Spesial untuk yang tidak suka main air, bisa mampir ke Hutan Pinus Limpakuwus Baturraden. Tempat ini menjadi primadona bagi wisatawan karena pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan objek wisata yang tentunya dapat dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. 


Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: Elde Joyosemito)

Tidak hanya objek wisatanya yang menarik seperti trampolin yang memacu adrenalin kita. Hutan Limpakuwus tentunya juga memiliki berbagai spot foto seperti gubuk bambu, anjungan kayu, jembatan memanjang antar pohon pinus dan terbuat dari kayu dengan jaring tali di kanan kiri jembatan, serta hammock yang bisa pengunjung gunakan saat ingin bersantai.

Hutan Limpakuwus juga menawarkan area untuk perkemahan serta wahana ATV dan Spider Web yang dijamin bakal liburanmu semakin serum

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Hutan Limpakuwus akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp15.000 belum termasuk tiket wahana didalamnya. Destinasi wisata yang tepatnya berada di Limpakuwus, kecamatan Sumbang, kabupaten Banyumas ini buka dari jam 08.00-16.00 WIB. Rute perjalanan menuju lokasi ini pun tidak sulit.

5. Bukit Pangonan Indah

Destinasi satu ini cocok untuk kamu yang mageran, tanpa harus lelah melewati rute yang sulit dan bisa menikmati pemandangan sabana. 

Area ini sebenarnya merupakan jalan desa di daerah perbukitan yang tinggi dengan tebing cukup terjal. Namun, tempat yang dekat dengan lokasi wisata lain seperti Curug Gemawang dan Agro Tunggul Mas ini memiliki pemandangan sabana yang menyegarkan mata di sisi jalannya.

Saat ini, Bukit Pangonan sudah memiliki fasilitas gazebo dan tempat duduk dihiasi tanaman bunga yang langsung menghadap ke arah pemandangan sabana yang indah. Tempat ini juga tersedia area parkir, warung-warung makan, mushola, serta cafe untuk kamu yang suka nongkrong.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu harus berkendara naik ke pegunungan selama 40-60 menit dari jalan raya. Namun, tidak perlu khawatir karena rute perjalanan sudah sangat baik sehingga cukup mudah dilalui. Bukit ini tepatnya berada di Karangaren Lor, Karanggintung, Kecamatan Sumpiuh, kabupaten Banyumas. Tarif tiket masuknya pun terbilang murah yakni seharga Rp5.000 saja dengan jam buka pukul 07.00-17.00 WIB.

6. Kebun Raya Baturraden

Buat kamu yang sudah sering mengunjungi baturraden pasti tidak asing dengan tempat ini.

Kebun Raya Baturraden merupakan tempat yang tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata saja, tapi juga sebagai tempat konservasi tumbuhan pegunungan. Meski pengunjung/wisatawan dilarang memasuki area tersebut, tetapi pengunjung dapat menikmati keindahan dan kesejukan alamnya. 

Area ini memiliki berbagai macam tanaman yang telah dikumpulkan seperti tumbuhan paku, kantung semar, anggrek, tanaman obat, dan sebagainya. Koleksi tanamannya pun meliputi dari 116 suku, 396 marga, 571 spesies, dan 2.637 spesimen.

Kebun Raya Baturraden menawarkan berbagai tempat yang wajib banget untuk di eksplor diantaranya pancuran 7, pancuran 3, rumah kuntilanak, gedung putih, serta beberapa air terjun yang indah.

Tahukah kamu? Bahwa latar belakang film kuntilanak 2 adalah di rumah kuntilanak Baturraden?

Kebun Raya Baturraden terletak di kaki gunung slamet tepatnya desa Karangmangu, Baturraden. Rute perjalanan ke lokasi juga cukup mudah dan aman. Di area ini kamu bisa bereksplorasi seperti ke rumah kompos, rumah kaca, rumah anggrek, tempat pembibitan, rumah dinas, serta gazebo. Harga tiket masuk area ini seharga Rp 15.000 dengan jam buka 08.00-16.00 WIB.

7. Baturraden Adventure Forest

Baturraden Adventure Forest terletak di bawah kaki gunung Slamet. Buat kamu yang sedang mencari arena seru-seruan, tempat ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untukmu. Tempat dengan luas sekitar 50 hektar ini menawarkan area outbond, camping, canyoing, dan sebagainya.


Baturaden Adventure Forest bisa jadi pilihan destinasi wisata yang menyukai tantangan dan petualangan. (Foto: Instagram/ @bafadventure)

Selain itu, jika dirincikan lagi, tempat ini menawarkan kegiatan water adventure, contohnya river boarding, treetrek adventure, rapelling/abselling, night adventure, mini circuit bike, longslide, forest trekking, cold-watertherapy, can koyon adventure, dan bungee trampoline. Harga tiket masuk ditempat ini adalah tergantung paket dan buka di jam 08.00-17.00 WIB.

Nah, itu tadi deretan wisata alam yang ada di Kabupaten Banyumas yang cocok untuk mengisi akhir pekanmu. Dengan tarif yang terjangkau untuk menikmati liburan bersama keluarga dan orang terkasih.

Editor : Alfiatin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut