get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Perpustakaan Keliling Tingkatkan Minat Baca Siswa

Sabtu, 17 September 2022 | 17:01 WIB
header img
Siswa SDN Pangebatan mengambil buku bacaan di perpustakaan keliling Perpusarda Banyumas.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Langit siang ini terlihat jauh lebih cerah dari biasanya, warna birunya bersih hanya ditemani beberapa awan putih. Siswa-siswa SD Negeri Pangebatan nampak bermain dengan sesamanya.

Mendadak mobil berwarna biru itu memasuki halaman sekolah, suara riang siswa pun pecah dan langsung menghambur mengelilingi mobil bertuliskan Perpustakaan Keliling Daerah Banyumas itu.

Begitu mobil dibuka, riang gembira ratusan siswa seakan membuat hari semakin cerah. Tidak sabar untuk membaca buku-buku koleksi Perpusarda Banyumas yang dibawa.

Beberapa siswa nampak asyik membaca buku yang diambilnya. Beberapa lainnya ada yang terlihat justru asyik bercerita tentang buku yang dibacanya dengan buku yang masih terpegang di tangan masing-masing. Raut wajah mereka nampak jauh lebih berseri setelah kedatangan mobil perpustakaan keliling tersebut.

Kepala SDN Pangebatan, Riyadi mengatakan pihaknya sangat bersyukur adanya perpustakaan keliling dari Perpusarda Banyumas. Sebab, perpustakaan keliling ini menjadi satu cara mendekatkan anak pada buku.

"Ini merupakan satu upaya mendekatkan buku kepada anak, sekaligus meningkatkan minat baca anak. Kehadiran perpustakaan keliling ini sangat membantu anak-anak dalam mengakses buku bacaan," kata dia.

Seorang siswa SDN Pangebatan, Bila mengaku sangat senang dengan kehadiran perpustakaan keliling tersebut. "Rasanya senang bisa kedatangan perpustakaan keliling. Bukunya baru baru dan menarik" kata siswa kelas 6C tersebut.

Kegiatan perpustakaan keliling merupakan agenda rutin Perpusda Kabupaten Banyumas dalam upaya meningkatkan minat baca siswa terlebih pasca pandemi covid 19. Kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi sekolah dasar menengah dan atas yang ada di kabupaten banyumas. Selain siswa dapat membaca buku sekolah juga dapat meminjam buku untuk memperkaya koleksi buku perpustakaan sekolah.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut