get app
inews
Aa Read Next : Deretan Judul Skripsi Out Of The Box Unik Bikin Ngakak, Ada Analisa Daya Tahan Jomblo

Manfaatkan Limbah Cangkang Telur, 5 Mahasiswa Farmasi UMP Temukan Inovasi Cegah Rambut Rontok

Sabtu, 17 September 2022 | 21:51 WIB
header img
5 Mahasiswa Farmasi UMP Temukan Cegah Rambut Rontok dari Limbah Cangkang Telur. Foto: Ist

Alasan mereka melakukan penelitian adalah dilihat dari banyaknya cangkang telur yang menyebabkan pencemaran udara.

“Alasan digunakannya limbah cangkang telur sebagai bahan dasar pembuatan Nanospary tersebut dikarenakan limbah cangkang telur yang sangat banyak hingga kisaran 9.600 ton/hari di Indonesia yang dapat mempengaruhi kestabilan lingkungan dari segi pencemaran udara,” katanya di Purwokerto, pada Rabu (14/9/2022) lalu. 

Selain itu, Firman juga menjelaskan banyaknya kandungan yang bermanfaat dari cangkang telur.

“Limbah cangkang telur mengandung banyak sekali protein didalamnya terdiri dari laminin dan keratin, kedua protein tersebut ternyata dapat membantu meregulasi pertumbuhan rambut,” ujarnya.

Manfaat dari hasil penelitian tersebut, selain untuk menambah variasi produk herbal juga dapat menambah nilai ekonomis terhadap limbah cangkang telur.

“Dengan adanya penelitian ini tentunya dapat menjadi salah satu perkembangan ilmu pengetahuan dan dapat menambah variasi produk herbal alami yang berasal dari limbah cangkang telur serta menambah nilai ekonomis terhadap limbah cangkang telur,” jelasnya.

Sementara itu dosen pembimbing Dr. Apt. Nunuk Aries Nurulita, M.Si mengatakan dari penelitian tersebut dapat melatih kepekaan dan kreativitas mahasiswa terhadap permasalahan masyatakat.

"PKM bisa menjadi ajang melatih kreativitas dan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat. Mahasiswa dapat membangun kemampuan berpikir sistematis dalam menelusuri akar masalah dan menetapkan solusi yang tepat," ungkapnya.

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut