Jalan Menuju Curug Cipendok Banyumas Kembali Banjir, Diduga Akibat Luapan Embung

Arbi Anugrah
.
Kamis, 22 September 2022 | 17:08 WIB
Hujan deras menyebabkan air dari embung yang ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas meluap. Foto: tangkapan layar

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Hujan deras menyebabkan air dari embung yang ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas meluap. Banjir yang sudah terjadi sejak Rabu (22/9) kemarin kembali meluap Kamis (22/9/2022) menyebabkan jalur utama menuju tempat wisata Curug Cipendok tertutup aliran banjir.

"Banjir terjadi terjadi sekitar pukul 14.30 WIB setelah hujan lebat sejak pukul 13.00 WIB," kata salah satu warga setempat, Ripto Sudarmo saat dihubungi wartawan, Kamis.

Menurut dia, kali ini banjir yang mengalir melalui jalan utama berkontur menurun itu juga berdampak pada sejumlah rumah di tepi jalan. Penyebab banjir di hari kedua ini masih disebabkan luapan embung yang berada di atas kawasan tersebut.

"Beberapa rumah yang rumahnya lebih rendah dari permukaan jalan juga ikut terdampak," ujarnya. 

Bahkan, berdasarkan informasi, akibat banjir di hari kedua ini, sejumlah warga mendatangi salah satu institusi yang bertanggungjawab atas pembangunan embung yang tengah dinormalisasi hingga menyebabkan banjir tersebut. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Budi Nugroho saat dikonfirmasi mengatakan, telah menerjunkan tim ke lokasi kejadian.

"Kami baru saja mengirim tim ke lokasi kejadian," kata Budi.

 

Editor : Aryo Arbi
Bagikan Artikel Ini