YOGYAKARTA, iNewsPurwokerto.id- PT Kereta Api Indonesia menghadirkan pelayanan dan fasilitas yang berbeda untuk membidik kaum milenial. Fasilitas yang diberikan pada KA Taksaka Hype Trip (perjalanan fantastis) ini akan membuat perjalanan KA sangat berbeda bagi para penumpangnya.
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, Hype Trip merupakan perjalanan kereta api yang memberikan kesan kekinian kepada para pelanggan. Mengambil tema Traveling Feel More Fun, perjalanan KA Taksaka jurusan Yogyakarta-Gambir pulang pergi ini mulai diberangkatkan pada 23 September.
"Ada yang berbeda. Mulai dari menu makanan, fasilitas permainan, seragam kru, hingga livery dengan vibes milenial," ujar dia, Jumat (23/9/2022) saat launching Hype Trip di Stasiun Tugu.
Menurut dia, pilot project Hype Trip ini diaplikasikan pada KA Taksaka karena banyak pelanggan dari KA Taksaka yang berasal dari Gen Y dan Z. Generasi Y dan Z inilah yang selama ini mendominasi pelanggan dari perjalanan kereta api mereka.
Berdasarkan data, pada periode Januari sampai dengan Juni 2022 sebanyak 58 persen atau 2,7 juta pelanggan KA Taksaka berusia 12-41 tahun. Selain itu KA Taksaka juga merupakan kereta api yang menghubungkan daerah pusat ekonomi dengan salah satu destinasi wisata dan pendidikan.
Menurutnya kehadiran Hype Trip ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang terus berubah secara dinamis.
Untuk itu KAI menawarkan pengalaman unik dan fresh, khususnya bagi milenial yang cenderung ingin mencoba hal-hal baru sehingga dapat lebih menikmati perjalanan kereta apinya.
Banyak hal yang berbeda ditemukan di Kereta Hype Trip. Selain pada eksterior kereta yang lebih berwarna (colourfull) sehingga eye cetching, instagramabel dan juga contentanabel. Sesuai dengan semangat milenial saat ini.
Pada kereta Hype Trip tersebut juga tersedia board game yang dapat dimainkan selama dalam perjalanan. Tambahan fasilitas berupa permainan ini yaitu flash card, jenga block, UNO card, dan ular tangga. "Ini juga diberikan untuk membuang kejenuhan," kata dia.
Melalui rebranding KA Taksaka menjadi kereta Hype Trip ini, KAI menyediakan menu makanan dan minuman yang disesuaikan dengan selera kaum milenial.
Menu khusus yang ditawarkan yaitu es kopi susu gula aren, thai tea, cream soup, tom yum, spaghetti, chicken katsu & kentang goreng, indomie goreng chicken katsu sambal geprek, dimsum, odeng dan lainnya.
Selain itu, seragam yang dipakai oleh kru KA juga didesain dengan unik bergaya milenial. Petugas kondektur yang sebelumnya memakai jas, kini diganti dengan mengenakan rompi.
Adapun petugas prama dan prami yang sebelumnya mengenakan seragam berwarna abu-abu, kini menggunakan jaket bomber serta topi untuk prama dan scarf untuk prami.
Di samping itu, livery bernuansa Hype Trip juga diterapkan pada interior dan eksterior kereta api. Livery yang terpasang di lokomotif dan kereta ini didesain dengan penuh warna. Di bagian interior juga terpasang tulisan-tulisan motivasi untuk menginspirasi dan memberikan semangat kepada para pelanggan.
Pelanggan juga masih dapat memanfaatkan wifi gratis sepanjang perjalanan KA Taksaka dan layanan Entertainment On Board (EOB) berupa berbagai macam konten hiburan selama perjalanan.
Dengan tersedianya Wifi gratis dan layanan EOB ini, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan.
"Kehadiran Hype Trip ini menunjukkan bahwa KAI terus mendengarkan keinginan pelanggan serta melakukan berbagai inovasi guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan," ujarnya.
Editor : Arbi Anugrah