Logo Network
Network

Peluang Ekonomi Jamu Herbal, PPJAI Cilacap Rangkul Generasi Muda dan Pelaku Usaha

Arbi Anugrah
.
Jum'at, 23 September 2022 | 16:16 WIB
Peluang Ekonomi Jamu Herbal, PPJAI Cilacap Rangkul Generasi Muda dan Pelaku Usaha
Peluang Ekonomi Jamu Herbal, PPJAI Cilacap Rangkul Generasi Muda dan Pelaku Usaha. Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Pengembangan jamu herbal sebagai produk kesehatan di Indonesia terus menunjukkan potensinya. Jamu sebagai warisan leluhur di Nusantara memang perlu dijaga keberadaannya, salah satunya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Anggota Komisi IV DPR RI, Teti Rohati Ningsih mengapresiasi kegiatan yang tetap menjaga warisan Nusantara. Dengan pengembangan jamu herbal ini juga meningkatkan pergerakan ekonomi di masyarakat.

"Jamu merupakan warisan bangsa kita, dan ternyata jamu Nusantara ini bukan hanya di Jawa saja, tapi ada di seluruh Indonesia. Maka dengan mengangkat kearifan lokal, apalagi pasca Covid-19, kita harus terus bergerak meningkatkan ekonomi," kata Teti disela-sela kegiatan Sinergitas Penta Heliks di Cilacap, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan bertajuk 'Sinergitas Penta Heliks' untuk pengembangan herbal Nusantara yang diadakan oleh Perkumpulan Pelaku Jamu Alami Indonesia (PPJAI) Cilacap ini diikuti pengusaha jamu herbal se Banyumas Raya. Kegiatan yang diadakan di markas Kopassus Cilacap ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengembangan jamu herbal sebagai produk ketahanan Nasional.

Kegiatan ini diisi dengan pelatihan pada generasi muda dan pegiat ekonomi dalam pengembangan jamu herbal. Di mana dengan adanya pelatihan ini, anak anak muda sebagai generasi bangsa dan penggiat ekonomi selanjutnya dapat mengapresiasi pelatihan ini.

"Jamu ini memang warisan budaya leluhur dan harus kita lestarikan dan kita budayakan sehingga tidak punah. Mudah mudahan dengan adanya pelatihan ini, anak anak muda sebagai generasi bangsa dan penggiat ekonomi selanjutnya akan mengapresiasi," ujarnya.

Suliyanto, Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas mengatakan jika kegiatan peningkatan sinergitas Penta Heliks dalam rangka pengembangan herbal alami atau jamu jamu yang ada di wilayah Banyumas Raya. Di mana sinergitas tersebut terdiri dari pemerintah, pelaku usaha, akademisi, tokoh masyarakat dan media.

"Lima unsur ini kita bekerjasama dalam rangka mengembangkan jamu jamu alami yang aman, yang legal yang bebas dari BKO (Bahan Kimia Obat) untuk bisa kita kembangkan di wilayah kita," ucapnya.

Untuk mengembangkan jamu herbal yang baik untuk kesehatan, pihaknya juga memberikan pelatihan pada pelaku usaha jemu herbal agar sesuai dengan aturan dan cara produksi obat tradisional yang baik. Meski demikian, pihaknya juga tidak menutup mata, masih adanya oknum pelaku usaha nakal yang mencampurkan jamu dengan BKO.

"Memang kami tidak menutup (jamu ilegal) bahwa sebenarnya masih ada, tapi kita bekerjasama terus, termasuk pada pelaku usaha dan PPJAI. Kita sangat apresiasi dengan adanya PPJAI karena ini merupakan perkumpulan pelaku jamu yang sangat komitmen untuk mengembangkan jamu jamu yang aman," jelasnya.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini