get app
inews
Aa Read Next : Event Supermusic Superstar Intimate Session Bakal Sambangi Cilacap dan Purwokerto, Catat Jadwalnya

Pesona Menara Pandang Teratai, Ikon Wisata Baru Kota Purwokerto

Minggu, 25 September 2022 | 14:30 WIB
header img
Pesona Menara Pandang Teratai, Ikon Wisata Baru Kota Purwokerto. (Foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Menara Pandang Teratai di jalan baru Jl Bung Karno telah diresmikan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein pada Rabu (27/4) lalu. Menara pandang Purwokerto setinggi 117 meter ini memiliki 4 lantai dengan puncak berbentuk bunga teratai yang merupakan ikon baru pariwisata Kota Purwokerto.

Berada di Kedungwuluh, Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas tepatnya di jalan baru, Jalan Bung Karno yang menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dengan Jalan Gerilya.

Banyak spot foto instagramable yang memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pesona keindahan malam hari tidak kalah mengagumkan. Lampu LED warna-warni akan menghiasi tubuh menara dan mahkota bunga teratai. 

Pesona Menara Pandang Teratai Purwokerto

Lantas, seperti apa pesona menara pandang teratai Purwokerto, yang jadi ikon wisata baru di Kota Purwokerto. Yuk simak ulasan berikut seperti dirangkum iNewsPurwokerto.id dari berbagai sumber Minggu (25/9/2022).

1. Menara Pandang Berbentuk Bunga Teratai


Menara Pandang Teratai Purwokerto. Foto: Instagram/ @instapurwokerto
 
Sebagai ikon wisata baru di Kota Purwokerto, Menara Pandangan Teratai Purwokerto sempat beberapa kali mengalami perubahan konsep pada proses pembangunannya. Di mana pada tahap perencanaan, desain akhir bangunan yang dikehendaki adalah menara setinggi 117 meter yang di atasnya terdapat puncak observasi berbentuk kubah dan awalnya dinamakan sebagai Menara Gada Rujakpolo.

Pada proses menuju tahap penyelesaian, bentuk menara akhirnya mengalami perubahan desain menjadi bunga teratai yang diilhami dari konsultasi tokoh lokal di Kabupaten Banyumas, yakni sastrawan Ahmad Tohari, akademisi Universitas Jenderal Soedirman, dan budayawan Banyumas.

Puncak menara dengan mahkota bunga teratai memiliki filosofi dari Dwipa Semarang dengan pembagian menara menjadi tiga tingkatan, yakni tingkat bawah, tingkat tengah, dan tingkat atas. Tingkat bawah berada di lantai dasar bawah yang menyimbolkan hubungan dengan manusia, tingkat tengah berada di lantai satu dan dua yang menyimbolkan hubungan dengan alam, dan tingkat atas berada di lantai tiga dan empat yang menyimbolkan hubungan dengan Tuhan.

2. Kitab Suci Agama di Puncak Menara Pandang Teratai Purwokerto


Menara Pandang Teratai di puncaknya ada kitab-kitab suci agama. (Foto: Elde Joyosemito)
 
Sebagai bentuk simbol toleransi dan keberagaman umat beragama di Kabupaten Banyumas. Setidaknya terdapat tujuh kitab suci agama yang diletakkan di ruangan khusus puncak menara pandang teratai Purwokerto.

Tujuh kitab agama itu diantaranya kitab suci agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu, dan Penghayat Kepercayaan. Prosesi peletakan itu dilakukan oleh tujuh pemuka agama yang ada di Kabupaten Banyumas di lantai paling atas menara, hal ini menunjukkan bahwa warga Banyumas menjunjung tinggi agamanya.

Di kawasan yang merupakan simbol toleransi tersebut, nantinya juga akan dibangun Masjid Agung Seribu Bulan karya arsitek Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain itu, seluruh tempat ibadah agama-agama juga akan dibangun di kawasan tersebut.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut