get app
inews
Aa Read Next : Dear Penderita Diabetes, Ini Manfaat Gula Aren yang Aman Dikonsumsi

Rentan Berbagai Penyakit, Dosen Ini Imbau Lansia Rutin Lakukan Aktivitas Fisik

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
header img
Dosen Unissula melakukan pemeriksaan gula darah pada lansia di Desa Kutawis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga.

Menurutnya, aktivitas yang dilakukan tidak harus aktivitas berat. Cukup aktivitas ringan saja untuk menjaga fisik supaya tetap sehat.

Kandidat doktor Universitas Airlangga ini juga mengingatkan supaya masyarakat lebih aktif meningkatkan aktivitas perawatan diri atau self care activity. 

Pentingnya aktivitas perawatan diri ini membuat Iskim tergerak melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan untuk lansia di Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Minggu (25/9/2022) lalu. Ia ditemani Ketua Kader Posyandu Lansia Desa Kutawis, Mina melakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemantauan kadar gula darah bagi lansia di lingkungan tersebut.

"Ada beberapa lansia yang berisiko rentan penyakit seperti Diabetes karena proses degeneratif, sehingga metabolisme glukosa sering mengalami gangguan," katanya.

Ia mengajak para lansia untuk lebih peduli dengan kesehatan masing-masing melalui melakukan perawatan diri dengan menjaga pola hidup sehat. Seperti melakukan aktivitas fisik dengan olahraga teratur, menjaga nutrisi, aktif dalam kegiatan posyandu lansia. Sehingga masalah kesehatan terutama kadar glukosa secara dini dapat dideteksi.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut