get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Sepatu Bata yang Sudah Ada Sebelum Kemerdekaan, Kini Pabriknya Berhenti Beroperasi

9 Aktor yang Berperan Besar dalam Film G30S PKI, Ada DN Aidit hingga Soeharto

Kamis, 29 September 2022 | 11:45 WIB
header img
Film G30S PKI mengisahkan peristiwa penghianatan G30S PKI mulai dari penculikan para jenderal, hingga pembunuhan yang terjadi pada 30 September 1965. (Foto: ilustrasi/ist).

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Film G30S PKI merupakan tayangan yang masih menuai kontra. Film G30S PKI mengisahkan peristiwa G30S PKI mulai dari penculikan para jenderal, hingga pembunuhan yang terjadi pada 30 September 1965. 

Selain melalui kisah-kisah dibuku sejarah, tak sedikit orang yang menengok film propaganda Pengkhianatan G30S PKI sebagai media pengingat akan sejarah kelam bangsa Indonesia.

Dirilis pada 1984, film yang disutradarai oleh Arifin C ini dibuat dengan bujet sebesar Rp800 juta, dan ditayangkan tiap tahun di saluran TVRI ketika Indonesia masih berada di bawah kepemimpinan Soeharto.

Meskipun banyak dicibir oleh masyarakat karena kisahnya yang terlalu sadis dan menampilkan banyak adegan yang didramatisir, tapi tak dipungkiri jika film Pengkhianatan G30S PKI adalah sarana terbesar dalam mengenang penumpasan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Film ini sendiri menggandeng banyak aktor untuk memerankan tiap tokoh penting Gerakan 30 September. Berikut sembilan aktor yang berperan besar dalam penggarapan film Pengkhianatan G30S PKI.

1. Syubah Asa

Syubah Asa adalah seorang sastrawan, seniman, dan wartawan senior Indonesia yang aktif di dunia teater sejak 1950. Nama Syubah meluas di luar industri teater semenjak dirinya berperan sebagai DN Aidit, pemimpin PKI, dalam film G30S PKI. Selain berakting di panggung, Syubah juga dikenal sering menulis novel dan kolom.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut