get app
inews
Aa Read Next : 5 Lokasi Wisata Dieng yang Bikin Susah Move On, dari Sunrise hingga Telaga Berwarna

Pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing dari Luar Angkasa

Sabtu, 27 November 2021 | 20:30 WIB
header img
Pemandangan langka dan luar biasa tersaji dalam foto dari luar angkasa yang merekam penampakan dua gunung api kembar, yaitu Gunung Sundoro dan Gunung Sumbing. Foto/Ist/earthobservatory.nasa

JAKARTA, iNews.id - Sebuah pemandangan yang sangat langka tersaji dalam sebuah foto yang merekam penampakan dua gunung api kembar Sindoro dan Sumbing dari luar angkasa. Foto tersebut diabadikan oleh seorang astronot dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) seperti dirilis laman earthobservatory, Sabtu (27/11/2021).

Gunung Sindoro yang memilikiketinggian 3.136 mdpl dan Gunung Sumbing 3.371 mdpl secara administratif terletak di tiga wilayah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo; Jawa Tengah. Dua gunung api strato ini belum meletus sejak tahun 1730 (Sumbing) dan 1971 (Sundoro).

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung api kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dibelah jalan provinsi yang menghubungkan Temanggung dan Wonosobo yang biasa dijuluki sebagai Kledung Pass.

Nama Sindoro berasal dari bahasa Sansekerta Sundara yang artinya Indah. Bentuk lain untuk perempuan dari Sindoro adalah Sundari yang memiliki arti Cantik. Sedangkan Gunung Sumbing dalam catatan sejarah Manuskrip Bujangga Manik sebelumnya bernama Gunung Sembung.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut