get app
inews
Aa Read Next : Jazz Gunung Slamet 2024 Berlangsung Meriah Meski Hujan dan Digelar di Tengah Hutan

5 Tempat Wisata Populer di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Salah Satunya Cocok Untuk Eduwisata

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 16:30 WIB
header img
Tebing Selirang, setinggi sekitar 50 meter berada dikawasan pancuran Tujuh Baturraden terbentuk dari aliran air hangat yang membawa belerang. (Foto : Aryo Rizqi).

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Purwokerto selain terkenal dengan mendoannya, juga terkenal dengan berbagai wisata alam yang mempesona. Kondisi geografis yang berada di kaki Gunung Slamet membuat Purwokerto memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk wisata alam.

Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang datang jauh-jauh dari luar kota karena terpikat keindahan pesona alam Purwokerto. Kesegaran udara, keramahan masyarakat, dan bentang alam yang menakjubkan.

Nah, berikut 5 wisata populer yang berhasil tim iNewsPurwokerto.id rangkum yang bisa menjadi pilihan kalian menghabiskan akhir pekan dengan menyenangkan dan menenangkan.

1.Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus ini terletak di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Limpakuwus. Wisata alam yang awalnya menyajikan bentang hijaunya pohon Pinus yang tertanam rapi dengan keindahan, kesejukan, dan berbagai spot swafoto. 

Namun, saat ini berbagai wahana penunjang wisata sudah mulai bertambah. Sebut saja yang terbaru ada penambahan zona anak-anak. Wahana ini sangat membantu orangtua yang ingin mengajak anak-anak belajar mengenal alam dengan menyenangkan.

Tempat ini menjadi primadona bagi wisatawan karena pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan objek wisata yang tentunya dapat dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. 

Nah, untuk masuk ke Hutan Pinus Limpakuwus dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp15.000, belum termasuk tiket wahana di dalamnya. Wisata alam ini buka dari jam 08.00-16.00 WIB.

2. Curug Jenggala

Mengelilingi Banyumas khususnya Purwokerto rasanya tidak cukup jika belum mengunjungi area air terjun. Suasana alam yang asri serta merdunya suara kicau burung bisa membuat pikiran dan tubuh kita lebih rileks.

Meskipun masih terbilang baru yakni sejak tahun 2016, destinasi wisata yang sangat Instagramable ini langsung hits di kalangan masyarakat Purwokerto. Tak hanya pesona air terjun setinggi 30 meter saja yang menjadi tujuan utama para wisatawan, tapi juga panorama asri serta objek wisata lain yang ada disekitarnya pun tak kalah akan keindahannya.

Untuk mencapai curug ini, kamu perlu melalui jalur trekking yang sangat memesona dengan menyusuri jalan setapak sekitar 30 menit.

Destinasi wisata yang tepatnya terletak di Dusun Kalipagu, Baturraden ini mengenakan tiket masuk yang cukup terjangkau hanya Rp10.000 dengan jam buka setiap hari mulai pukul 07.00-15.30 WIB.

3. Telaga Sunyi

Destinasi wisata alam Purwokerto memang tidak ada habisnya! Selain air terjun dan keindahan hutan Pinus, masih ada wisata lama yang juga wajib dikunjungi yakni aliran air tenang yang jernih berwarna hijau kebiruan bernama Telaga Sunyi. Meski aliran airnya pelan dan tak terlalu tinggi, tapi wisatawan dilarang bermain atau berenang di area bagian bawah karena dalam dan alirannya cukup deras. 

Di sepanjang jalan menuju lokasi, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan pesawahan penduduk, sungai-sungai kecil yang jernih, serta wilayah pepohonan tinggi yang rimbun.

Letak Telaga Sunyi berada di daerah Limpakuwus, Sumbang dengan harga tiket masuknya Rp13.000 per orang. Untuk kamu yang ingin berkunjung dan menikmati suasana tenang di telaga sunyi, telaga ini buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.

4. Baturraden Adventure Forest

 Baturraden Adventure Forest terletak di bawah kaki gunung Slamet. Buat kamu yang sedang mencari arena seru-seruan, tempat ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untukmu. Tempat dengan luas sekitar 50 hektar ini menawarkan area outbond, camping, canyoing, dan sebagainya.

Selain itu, jika dirincikan lagi, tempat ini menawarkan kegiatan water adventure, contohnya river boarding, treetrek adventure, rapelling/ abselling, night adventure, mini circuit bike, longslide, forest trekking, cold-watertherapy, can koyon adventure, dan bungee trampoline.

Harga tiket masuk di tempat ini adalah tergantung paket dan buka di jam 08.00-17.00 WIB.

5. Kebun Raya Baturraden

Nah, terakhir Kebun Raya Baturraden merupakan tempat yang tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata saja, tapi juga sebagai tempat konservasi tumbuhan pegunungan. Meski pengunjung/ wisatawan dilarang memasuki area tersebut, tetapi pengunjung dapat menikmati keindahan dan kesejukan alamnya. 

Di area ini, memiliki berbagai macam tanaman yang telah dikumpulkan seperti tumbuhan paku, kantung semar, anggrek, tanaman obat, dan sebagainya. Koleksi tanamannya pun meliputi dari 116 suku, 396 marga, 571 spesies, dan 2.637 spesimen.

Kebun Raya Baturraden menawarkan berbagai tempat yang wajib untuk dieksplor di antaranya pancuran 7, pancuran 3, rumah kuntilanak, gedung putih, serta beberapa air terjun yang indah.

Destinasi yang cocok untuk Eduwisata ini terletak di kaki gunung slamet tepatnya desa Karangmangu, Baturraden. Rute perjalanan ke lokasi juga cukup mudah dan aman. Di area ini kamu bisa bereksplorasi seperti ke rumah kompos, rumah kaca, rumah anggrek, tempat pembibitan, rumah dinas, serta gazebo. Harga tiket masuk area ini seharga Rp15.000 dengan jam buka 08.00-16.00 WIB.

Itu dia 5 tempat wisata populer di Purwokerto yang cocok sekali menjadi tujuan wisata bersama keluarga dan orang terkasih. Menikmati keindahan alam dengan kesejukan udaranya dan tentu saja tiket masuk yang terjangkau.

Editor : Alfiatin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut