Logo Network
Network

Tragedi Kanjuruhan, Paus Fransiskus hingga Presiden Uni Eropa Ikut Berduka

Ilham Sigit Pratama
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 10:51 WIB
Tragedi Kanjuruhan, Paus Fransiskus hingga Presiden Uni Eropa Ikut Berduka
Paus Fransiskus.(Foto:AFP/ANDREAS SOLARO)

VATIKAN, iNewsPurwokerto.id- Tragedi Kanjuruhan, Malang Jawa Timur Sabtu (1/10) menjadi sorotan Internasional. Sejumlah tokoh dunia seperti Paus Fransiskus hingga Presiden Uni Eropa, Charles Michel ikut sungkawa atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang.

Tragedi tersebut menuai empati dari pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus. Pria yang juga Kepala Negara Kota Vatikan itu memanjatkan doa kepada para korban yang meregang nyawa di Malang.

Hal itu disampaikan Paus ketika menghadiri pidato Angelus pada Minggu 2 Oktober 2022. Paus ikut bersedih dengan keadaan kacau yang menimpa Stadion Kanjuruhan di laga Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu 2 Oktober 2022 silam.

“Saya berdoa untuk mereka yang kehilangan nyawa, dan yang terluka setelah bentrokan selama bentrokan yang meletus selama pertandingan sepak bola di Malang, Indonesia,” kata Paus dilansir laman resmi Vatikan, Senin (3/9/2022).

Tragedi Kanjuruhan usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10) lalu memang menuai duka cukup dalam bagi seluruh masyarakat dunia. Tragedi tersebut merupakan perisitiwa kerusuhan sepak bola dengan korban jiwa terbanyak di dunia.Tak hanya Paus Fransiskus, Presiden Uni Eropa, Charles Michel juga turut memberikan duka pada para korban. Michel juga menyatakan dukungannya kepada Indonesia agar mengusut tuntas tragedi memilukan tersebut.

“Simpati dan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban di Malang, saat kerusuhan, Uni Eropa mendukung Indonesia di saat-saat menyedihkan ini @jokowi,” tulis Michel melalui Twitter pribadinya.

Pada Minggu 2 Oktober 2022 siang waktu setempat, pemandangan berbeda juga datang di markas Federasi Sepak Bola Dunia itu usai tragedi Kanjuruhan. FIFA membentangkan bendera negara anggotanya setengah tiang untuk menghormati korban yang berjumlah ratusan.

FIFA berjanji mendalami tragedi Kanjuruhan yang mencekam tersebut. "Bendera Asosiasi Anggota FIFA berkibar setengah tiang di markas FIFA sebagai penghormatan kepada mereka yang kehilangan nyawa di Stadion Kanjuruhan di Malang, Indonesia," bunyi pernyataan resmi FIFA, dikutip Senin (3//10/2022).

Berbagai pihak dari mulai klub hingga pemain di Eropa juga turut mengucapkan bela sungkawa atas apa yang terjadi di Kanjuruhan.

Tak hanya itu, di seluruh laga sisa lanjutan Liga Spanyol 2022-2023 di pekan ketujuh, kedua kesebelasan yang bertanding mengheningkan cipta selama satu menit. Hal serupa juga akan terjadi di laga Rayo Vallecano versus Elche yang dihelat pada Selasa 4 Oktober 2022 dini hari WIB.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini